iPhone Milikmu Boros? Cek Penggunaan 5 Aplikasi Ini

iPhone-12.jpg
(Kredit: Phone Arena)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pemilik iPhone sering kaget karena baterai miliknya kelewat boros padal tidak terlalu banyak berselancar. Berikut 5 penyebab utama yang bikin iPhone kamu boros baterai.

Apple lebih ketat dibandingkan Google terkait aplikasi yang diizinkan masuk ke App Store-nya. Namun, ada lebih dari 2 juta aplikasi iOS untuk dipilih, termasuk aplikasi yang menyebabkan iPhone boros baterai ketika digunakan.

Beberapa aplikasi juga bisa menjadi alasan mengapa perangkat Anda harus selalu mengisi daya sepanjang hari. Dan Anda mungkin akan terkejut mengetahui aplikasi yang paling terkenal karena menguras baterai Anda. Berikut detailnya, dikutip dari Foxnews, baru-baru ini:

1. Facebook

Aplikasi Facebook menggunakan masa pakai baterai yang menakutkan. Kecuali jika Anda mengubah beberapa pengaturan, pengaturan berjalan secara konstan di latar belakang dan secara otomatis menyinkronkan pembaruan dan kontak.

Namun, jangan khawatir, masalah ini tidak terlalu sulit untuk diperbaiki. Anda cukup menonaktifkan pengaturan lokasi dan Background App Refresh. Selanjutnya nonaktifkan pemutaran otomatis video. Ketuk di sini untuk petunjuk langkah demi langkah tentang cara melakukan semuanya .

Anda juga dapat menghentikan pengurasan konstan pada baterai Anda hanya dengan mematikan notifikasi. Dengan cara ini, ponsel Anda tidak akan bekerja lembur untuk terus-menerus mengirimkan notifikasi yang tidak diinginkan dan menjengkelkan.

Cara mematikan notifikasi Anda adalah buka aplikasi Facebook. Klik menu tiga baris dan Pilih Pengaturan & Privasi, lalu Pengaturan. Di bawah opsi Keamanan, ketuk Aplikasi dan Situs Web. Klik Aplikasi, Situs Web, dan Game, lalu matikan fitur.

2. Google Maps


Google Maps sangat berguna, tapi aplikasi yang paling membantu cenderung paling merusak baterai ponsel Anda. Google Maps membutuhkan data yang berlebihan untuk berjalan dengan baik dan memberikan detail lokasi yang akurat.

Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga Google Maps dari terlalu banyak menggunakan baterai. Hentikan peta agar tidak memperbarui saat sedang tidak digunakan. Matikan mode GPS dan sesuaikan fitur lokasi juga, karena keduanya membutuhkan daya yang signifikan.

Jika Anda tidak membutuhkannya, atau tidak menggunakan aplikasi, matikan saja sampai Anda membutuhkannya. Caranya buka Pengaturan dan gulir ke bawah ke Google Maps. Ketuk pada Lokasi dan pilih antara Never, Ask Next Time, Saat Menggunakan Aplikasi atau Selalu.

Setelah menyesuaikan pengaturan Lokasi, ketuk Google Maps di kiri atas layar, lalu pilih Notifikasi. Nonaktifkan Izinkan Pemberitahuan untuk menjaga agar perangkat tidak mengirim pemberitahuan yang tidak perlu ke perangkat Anda.

3. Snapchat

Meskipun menyenangkan, Snapchat adalah salah satu aplikasi egois yang tidak memiliki titik lemah untuk baterai ponsel Anda. Layanan notifikasi saja sudah cukup untuk menyedot kehidupan dari perangkat Anda. Aplikasi ini juga menggunakan layanan lokasi untuk melaporkan lokasi pengguna secara rill time.

Anda harus mempertimbangkan mematikan fitur lokasi langsung yang mengumpankan baterai Anda. Caranya, buka aplikasi Snapchat. Ketuk pada gambar profil Anda di sisi kiri atas layar. Ketuk gigi pengaturan di kanan atas layar.

Gulir ke bawah, ketuk Lihat Lokasi Saya. Lalu pilih Mode Hantu. Di bagian yang sama ini, Anda dapat mengizinkan teman untuk meminta lokasi Anda.

4. Facebook Messenger

Sama seperti aplikasi induknya, Facebook Messenger menguras baterai Anda. Sekali lagi, semuanya bermuara pada apa yang terjadi di latar belakang. Anda tidak terjebak dengan Facebook Messenger jika Anda ingin mengobrol dengan teman-teman Facebook Anda.

Facebook menyadari betapa menguras baterai aplikasi pesan regulernya, sehingga raksasa sosial itu menciptakan Messenger Lite. Pastikan tetap memperbarui versi aplikasi Facebook Messenger. Versi terbaru akan selalu berjalan paling efisien dan menggunakan sedikit masa pakai baterai Anda.

5. WhatsApp

WhatsApp memiliki pengguna aktif tertinggi dari semua aplikasi perpesanan di luar sana, mengalahkan Facebook, dengan 1,5 miliar pengguna yang dilaporkan di 180 negara. Ini mungkin populer, tapi menguras baterai, bahkan ketika Anda tidak menggunakannya.

Itu membawa ke solusi pertama, gunakan lebih sedikit. Jika Anda benar-benar peduli dengan usia baterai Anda, cari alternatif. Jika Anda tidak bisa menyerah, ada beberapa opsi. Sama seperti dengan Facebook, matikan pemberitahuan push.

Anda juga dapat berhenti menonton video melalui WhatsApp, karena itu akan semakin menguras baterai ponsel Anda. Untuk menjaga keamanan, Anda perlu menggunakan metode aman untuk membayar dan mengirim uang. Terlepas dari kenyataan bahwa kartu kredit adalah bentuk pembayaran yang paling umum, mereka jauh dari aman.

Artikel ini sudah terbit di Tempo.co