Luar Biasa, Ini Manfaat Semangka Bagi Tubuh Pria

semangka-merah.jpg
(Ilustrasi (Pixabay/PDPics))

RIAUONLINE - Buah semangka menjadi menjadi buruan bagi warga yang berdomisili di daerah bersuhu panas. Buah ini cukup mudah didapat dan harganya juga tidak begitu mahal. Buahnya segar karena mengandung banyak air, cukup melepaskan dahaga disaat panas.

Semangka juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang punya efek positif untuk tubuh, dan kaum pria juga harus tahu apa saja manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi semangka.

Perlu diketahui, semangka adalah sumber kalium, vitamin C, A, dan juga mengandung beta-karoten yang tinggi.

Kulit semangka merah juga mengandung citrulline phyto-nutrisi yang memiliki manfaat kesehatan seperti peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh. Mengandung 92 persen air dan delapan persen likopen yang juga bisa ditemukan dalam sayuran segar.

Buah ini punya manfaat kesehatan berlimpah khususnya untuk pria. Berikut Himedik telah siapkan tiga manfaat semangka yang penting bagi kesehatan pria, dilansir dari livestrong.

1. Kesehatan prostat

Semangka memiliki kandungan lycopene tertinggi dari segala jenis buah atau sayuran. Lycopene diketahui memiliki kualitas antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan prostat tetap sehat.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para dokter di The University of Illinois di Chicago, peserta tes mencerna lycopene selama tiga minggu sebelum menjalani prostatektomi.

Hasilnya menunjukkan kerusakan yang berkurang secara signifikan pada jaringan prostat pada akhir percobaan tiga minggu.

2. Disfungsi Ereksi

Kulit buah semangka mengandung konsentrasi tinggi dari phyto-nutrient yang disebut citrulline. Dr. Bhimu Patil, direktur Pusat Peningkatan Buah dan Sayuran Texas A & M, telah meneliti citrulline dan menemukan zat ini mampu mengendurkan pembuluh darah, seperti obat yang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.

Ketika dicerna, citrulline meningkatkan kadar oksida nitrat yang merilekskan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sementara disfungsi ereksi sendiri diakibatkan oleh masalah psikologis dan fisiologis. Peningkatan aliran darah dapat membantu mengatasi ini.

3. Menurunkan tekanan darah

Sebuah penelitian yang dilakukan di The Florida State University oleh Profesor Bahram H. Arjmandi menunjukkan semangka bisa menurunkan tekanan darah. Mereka yang mengalami hipertensi diteliti selama 6 minggu dan hasilnya tekanan darah menjadi lebih rendah setelah akhir penelitian.

Kandungan Phyto-nutrient citrulline dalam semangka inilah yang berperan dalam mengatasi masalah hipertensi.

Artikel ini lebih dulu terbit di Suara.com dengan judul: Khusus Pria, Ini Manfaat Semangka yang Penting Untukmu!