Board Game, Smart Cafe Ingin Bikin Pintar Pengunjung

Smart-Cafe.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTHI)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Pertama kali memasuki kafe ini, mungkin akan merasakan kebingungan karena tidak seperti lazimnya sebuah kafe. Design lucu dengan kursi warna-warni, terlihat bak Sekolah Taman Kanak-kanak.

 

Board Game, Smart Cafe ini adalah cafe pertama di Pekanbaru yang menyediakan fasilitas bermain bagi pengujungnya. "Tempat ini benar-benar menarik," kata Wida, seorang pengunjung kafe yang ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Senin (24/8/2015).

 

Menurut pengakuan Wida, sebenarnya ia sudah lama mendengar tentang kafe tersebut dari temannya. Namun ia belum memiliki kesempatan untuk mencoba mengunjunginya. "Alhasil, saat pertama kali aku mengunjungi kafe di Jalan Mangga ini, aku langsung bisa merasakan bahwa tempat ini benar-benar menarik," tuturnya.

 

"Melihat para pengunjung remaja bermain bersama teman-temannya sambil tertawa, membuat aku ingin sekali mencoba permainan yang ada di Smart Cafe. Namun, karena aku hanya berdua, jadi kurang asik bermain. Aku hanya bisa ikut tersenyum dan tertawa melihat mereka bermain," lanjut Wida.

 

Wida menilai Board Game, Smart Cafe selain unik cocok untuk tempat bermain, juga bisa menghilangkan stress.


 

Menurut Founder Board Game, Smart Cafe, Winda, awalnya ia mendirikan kafe di Jalan Riau tersebut pada Juni 2014 lalu. Karena tempatnya sangat kecil,  pada Ramadhan 2015 kemarin, ia membuka cabang di Jalan Mangga.

 

"Kalau di Jalan Riau dulu, rumahnya seperti rumah hantu, tempatnya kecil dan susah parkir," jelasnya.

 

Alasan Winda membuka kafe untuk mengisi waktu saat pindah ke Pekanbaru mengikuti suami yang pindah tugas. "Selama sebulan di Pekanbaru, belum ada panggilan kerja. Akhirnya saya membuka kafe dengan memanfaatkan games hasil koleksi suami," ungkapnya.

 

"Kami kolektor board games. Setiap traveling, selalu mencari game untuk koleksi pribadi," jelas perempuan yang pernah menjadi dosen di Unand ini.

 

"Selain itu saya juga hobby masak," tambahnya.

 

Awalnya kafe dibuka, kata Winda, pengunjungnya kebanyakan orang Tionghoa. "Mungkin karena mereka sudah biasa dengar board game," ungkapnya.

 

Alasan Winda menamai kafenya dengan Board Game, Smart Cafe karena kafe tersebut untuk orang pintar dan bikin pintar. "Game yang ada bisa melatih IQ, mendeteksi kejujuran, melatih daya tangkap, melatih kecakapan dan ketelitian, melatih bahasa Inggris, melatih keseimbangan dan kerja sama," kata winda.

 

"Untuk saat ini, jumlah game yang kamiliki sudah mencapai 950.  Awalnya hanya 450 game," tutunya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline