Seru, Shopping di Toko Buku Kejujuran

 

RIAUONLINE, NANJING - Kita mungkin sudah sering mendengar istilah kantin kejujuran, di mana pembeli tinggal menaruh atau memasukkan uang barang yang dibelinya ke kotak yang sudah disediakan. Tapi kalau toko buku kejujuran? Hmmm, memangnya ada?

 

Di Xinjiekou Street, Baixia, Nanjing, ada sebuah toko buku kecil yang dibuka. Dilansir dari shanghaiist.com, toko buku ini terbilang sederhana karena hanya terdiri dari empat rak buku saja. Ada sekitar 1.500 judul buku yang dijual. Uniknya, toko buku ini tak dijaga oleh staf atau pegawai toko.

 


Jadi sesuai namanya "Honesty Bookshop", toko buku ini mempersilakan para pembelinya untuk memasukkan uang ke dalam kotak sesuai dengan harga buku yang mereka beli. Jadi memang kembali pada pembeli itu sendiri. Kalau memang pembelinya jujur, maka pasti akan membayar. Tapi kalau tidak, bisa jadi bukunya langsung dibawa kabur begitu saja. Wah, apakah semua pembeli jujur membayar buku yang dibeli sesuai dengan harganya?


Menurut salah satu penyelenggara uji coba bisnis ini, mereka berhasil menjual lebih dari 300 buku pada hari pertama pembukaan toko. Dan uang yang masuk ke dalam kotak secara umum jumlahnya sama. Bisa dibilang hari pertama tersebut meraup sukses.

 

Toko yang dibuka tersebut tentu saja menarik minat para pejalan kaki, khususnya para pecinta buku. Melihat ada rak buku berjajar dan keleluasaan para konsumen untuk memilih sendiri dan membayar sendiri buku yang dibeli memang memberi pengalaman yang berbeda.

 

Kalau di Indonesia, ada nggak ya toko buku semacam ini? Kalau pun ada, apakah kira-kira semua pembelinya jujur membayar uang sesuai dengan buku yang dibeli?

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline