Baliho SF Hariyanto Berslogan Bersama Membangun Riau Sarat Pesan Politik

SF-Hariyanto13.jpg
(Riau Online/Winda Turnip)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Baliho Pj Gubernur Provinsi Riau SF Hariyanto yang mulai bermunculan di sejumlah ruas jalan Kota Pekanbaru disinyalir sarat mengandung pesan politik. 

Kemunculan baliho yang seakan ingin mengangkat citra diri SF Hariyanto tersebut, tepat pada momen Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) periode 2024-2029 menunjukkan gelagat bahwa SF akan maju di panggung Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) periode 2024-2029.

Baliho tersebut menunjukkan gambar SF Hariyanto dengan kemeja berwarna putih sedang melambaikan tangan. Disamping gambarnya terdapat kalimat " Bersama Membangun Riau, bekerja keras, bekerja cepat dan bertindak tepat serta sudah teruji".

Pada baliho tersebut juga digambarkan logo Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau seakan-akan baliho tersebut merupakan program anggaran dari Pemprov Riau. 

Namun, Kadiskominfo Pemprov Riau, Ikhwan Ridwan, membantah bahwa baliho-baliho tersebut merupakan program Pemprov Riau dan menyatakan tidak ada APBD Riau yang terpakai untuk pembuatan baliho tersebut.


"Tidak ada pakai uang APBD. Itu juga bukan program dari Pemprov Riau," ujarnya, Selasa, 11 Juni 2024.

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan, mengapa logo Pemprov Riau ada di baliho yang diduga dibuat secara pribadi oleh SF Hariyanto.

Kuat dugaan masyarakat bahwa kemunculan baliho tersebut merupakan tanda SF Hariyanto akan segera menyatakan diri masuk ke panggung Pilkada Riau dan mencalonkan diri sebagai Gubernur Riau periode 2024-2029.

Pengamat Politik Universitas Islam Riau (UIR), Panca Setya Prihatin mengatakan, kemunculan SF Hariyanto bakal menjadi dinamika baru bagi dunia politik.

Hal ini membuat sulit untuk memastikan peta politik di Pilkada 2024. 

"Jika SF Hariyanto maju Pilgubri, maka akan ada dinamika baru. Bisa jadi yang digadang-gadang akan hilang, dan yang bergerak dalam senyap akhirnya muncul," pungkasnya.