Tahun Ini, Penerimaan Peserta Didik Baru SD Secara Online

PPDB-DI-SDN-Pekanbaru1.jpg
(Septri/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Jadwal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025 bergulir awal Juli 2024. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menerapkan pendaftaran secara online untuk PPDB Sekolah Dasar (SD).

"Tahun ini SD juga kita coba secara online, karena tahun kemarin SMP yang online. Tahun ini SD juga kita terapkan online," ujar Kadisdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Jumat 26 April 2024.

Penerapan sistem online ini, kata Jamal, untuk memudahkan para orangtua peserta didik melakukan pendaftaran. Apalagi pendaftaran online juga sudah diterapkan untuk tingkat SMP.

"Kenapa tahun ini kita coba SD itu PPDB online, tujuan utamanya untuk memudahkan para orangtua melakukan pendaftaran," ungkapnya.


Jamal menjelaskan, untuk sistem PPDB tahun ini masih sama seperti tahun sebelumnya dengan sistem zonasi. Terdapat empat jalur pendaftaran yakni zonasi, afirmasi, prestasi, dan pindahan.

Jalur zonasi diperuntukkan bagi para peserta didik yang domisilinya dekat dengan sekolah. Kemudian jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang dari segi ekonomi dianggap kurang mampu.

Sedangkan jalur prestasi sendiri diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berprestasi baik itu dibidang akademik maupun non akademik. Jalur pindahan diperuntukkan bagi peserta didik yang orangtuanya pindah dari daerah lain ke Kota Pekanbaru.

Tahun ajaran baru diperkirakan berlangsung pada pertengahan bulan Juli, tepatnya pada tanggal 15 Juli 2024. Abdul Jamal mengatakan, nantinya PPDB akan berlangsung selama lebih kurang dua minggu.

"PPDB kita itu nanti di awal Juli karena tahun ajaran baru kita dimulai tanggal 15 juli. Jadi waktunya nanti ada sekitar dua minggu," sebutnya.