5.274 Jamaah Calon Haji Riau Akan Diberangkatkan Mulai 12 Mei 2024

Jamaah-haji-tawaf.jpg
(Foto: Wahyu Putro A/ANTARA FOTO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 5.273 Jamaah Calon Haji (JCH) akan diberangkatkan mulai 12 Mei 2024 mendatang. Ribuan JCH yang berasal dari 12 kabupaten /kota di Riau tersebut, terbagi dalam 12 kloter keberangkatan.

Untuk JCH kloter pertama akan diberangkatkan dari Bandara SSK II Pekanbaru, menuju embarkasi Batam. Selanjutnya akan diberangkatkan ke tanah suci pada tanggal 13 Mei menuju Madinah.

"Jumlah JCH yang akan diberangkatkan sebanyak 5.273 orang, terdiri dari 12 Kabupaten Kota dan 12 kloter keberangkatan Insha Allah, Kota Pekanbaru 3 kloter dua penuh dan sepenuhnya bergabung dengan kloter lain," ujar Plt Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, H Muliardi, Jumat, 26 April 2024.

Ia menjelaskan, para jamaah sudah dilakukan tes kesehatan istitha'ah dan penyelesaian pelunasan biaya Haji, termasuk visa seluruh jamaah yang diselesaikan sebelum 30 April 2024. 


"Insya Allah persiapan musim Haji tahun ini sudah 80 persen, seluruh jamaah calon Haji semua sudah tuntas, target tahun ini wajib tuntas visa sebelum 30 April," jelasnya. 

Selain itu, pihaknya juga menyebutkan sudah menyerahkan pramanifest ke Kedutaan Arab Saudi. Diperkirakan, sebelum tanggal 30 April 2024, semua visa sudah tuntas.

Tahun ini, seluruh JCH Riau akan diberangkatkan melalui embarkasi Haji Batam. Di mana Riau berada di kloter 3 embarkasi Batam, bergabung bersama Kepri dan Jambi. Untuk keberangkatan JCH Riau dari ada yang melalui jalur udara dan jalur laut. 

"JCH kita mulai akan diberangkatkan pada tanggal 12 Mei dari Bandara SSK II Pekanbaru menuju Batam. Pada tanggal 13 Mei, baru berangkat menuju tanah suci langsung ke Madinah, secara bertahap diberangkatkan melalui embarkasi Batam, untuk 12 kloter JCH asal Riau," jelasnya.

Daerah yang berangkat melalui jalur laut di antaranya, Kabupaten Rokan Hilir, Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Meranti, dan Indragiri Hilir. Sedangkan jalur udara dari Pekanbaru, Kota Pekanbaru, Rohul, Kuansing, Inhu, Pelalawan, dan Kampar.