Kampus Vokasi Pertama RI, Politeknik Pengadaan Nasional Hadir di Pekanbaru

Peresmian-Politeknik.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kampus vokasi pertama di Indonesia, Politeknik Pengadaan Nasional kini hadir di Kota Pekanbaru. Grand Opening dilakukan di Jalan Semangka, Gang Nurul, Kecamatan Sukajadi, Kamis, 25 April 2024.

Politeknik Pengadaan Nasional merupakan kampus vokasi pertama di Indonesia dengan prodi Ilmu Bidang Pengadaan Barang Jasa (PBJ)

Anggota DPR RI dari Komisi 10, Ferdiansyah yang ikut meresmikan kampus vokasi ini mengatakan politeknik pertama ini harus diberikan dorongan dan suatu fasilitas informasi kepada calon mahasiswa  SMA dan SMK di Riau khususnya Pekanbaru.

"Sebagai tadi disampaikan Pemerintah Provinsi Riau, masih banyak PNS yang diberi tugas panitia lelang pengadaan barang dan jasa menolak karena banyak yang tidak memahaminya," ujar Ferdiansyah.

Atas hal tersebut, harus ada pengetahuan dan informasi tentang Pengadaan Barang Jasa serta pengetahuan informasi dan bimtek akan hal tersebut.

"Pemerintah daerah dan pemerintah provinsi juga harus berkoordinasi serta bersinergi agar melahirkan lulusan terbaik dalam pengadaan barang dan jasa," pungkasnya.


Di tempat yang sama, Direktur Polteknas, Komala Sari mengatakan kalau Politeknik Pengadaan Nasional merupakan kampus vokasi pertama di Indonesia.

"Lulusan Polteknas ini nantinya akan menjadi ahli dalam pengadaan barang dan jasa dan diharapkan siap pakai untuk bekerja baik di pemerintahan, instansi maupun swasta," ujar Komala Sari.

Komala Sari menyebutkan Polteknas ini memiliki tiga prodi, yakni Manajemen Kontrak Pemerintah, Kedua Bisnis Digital dan Ketiga Paralegal.

"Manajemen Kontrak Pemerintah ini full pengadaan barang dan jasa. Lulusan prodi ini mampu mengelola kontak pengadaan dan menguasai proses pengadaan barang dan jasa dengan baik," jelasnya.

Sedangkan untuk prodi Bisnis Digital dan Paralegal, Komala Sari menyebutkan keduanya tetap lulusan pengadaan barang jasa terbaik, namun hanya 30 persen. Tidak semaksimal Manajemen Kontrak Pemerintah.

"Satu prodi kita buat dua kelas, satu kelas kita buat 35 siswa dan total 70 siswa untuk satu prodi. Prodi Manajemen Kontrak Pemerintah merupakan program unggulan di Polteknas," tambah Komala.

Komala juga memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa kurang mampu dan berprestasi. Pihaknya akan memberikan diskon 30 persen kepada mahasiswa kurang mampu tersebut.

"Selain mahasiswa kurang mampu dan mahasiswa berprestasi, kita juga beri kemudahan bagi TNI Polri. Mereka kita beri diskon 30 persen dan bagi yang tidak mampu serta berprestasi kita kuliahkan sampai tamat," pungkasnya.

Sejumlah pejabat Forkopimda Riau dan Kota Pekanbaru juga tampak hadir dalam peresmian atau Grand Opening Kampus Vokasi pertama di Indonesia tersebut.