Pelajar di Pekanbaru Hobi Balap Liar, Disdik Setuju Motor Ditahan

Satlantas-amankan-razia-balap-liar.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aksi balap liar masih kerap terjadi di Kota Pekanbaru. Aktivitas adu kecepatan kendaraan bermotor ini tanpa izin resmi dan dilakukan secara sembunyi-sembunyi dari aparat penegak hukum.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menyayangkan, banyak di antara mereka yang melakukan balap liar merupakan sekelompok remaja yang masih duduk di bangku sekolah. Kondisi ini tentu menjadi keresahan masyarakat.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Pekanbaru. Mereka akan memberikan efek jera kepada pelajar yang terlibat aksi balap liar.

"Kita sudah koordinasi dengan Satlantas. Kita setuju saja kendaraan yang digunakan siswa ditahan sampai tiga bulan. Karena kita sudah sosialisasikan supaya ada efek jera," tegasnya, Kamis 21 Maret 2024.

Lebih lanjut Jamal mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi dengan memberikan jam belajar. Sehingga para peserta didik punya kewajiban untuk datang ke sekolah.


"Kita lihat sekarang balap-balap liar setelah salat Subuh. Jadi untuk itu, kita cepat masukkan pembelajaran di sekolah, sehingga mereka terkontrol," ujar Jamal.

Dirinya juga mengimbau orangtua agar memerhatikan anak-anaknya saat malam hari maupun di luar sekolah. Menurutnya, jika tidak ada perhatian orangtua, aksi tersebut akan terus berlanjut.

"Kita menyampaikan kepada masyarakat, orangtua mereka untuk mengawasi anak-anaknya. Kalau tidak ada perhatian orangtua anak-anak ini akan lanjut terus," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, Satlantas Polresta Pekanbaru berhasil mengamankan ratusan kendaraan sepeda motor yang digunakan sebagian pelajar saat aksi balap liar. Kendaraan tersebut akan ditahan oleh Polres Pekanbaru hingga setelah Idul Fitri 1445 H.

Sejumlah lokasi menjadi titik rawan balapan liar di Kota Pekanbaru. Lokasi tersebut yakni di Jalan Yos Sudarso, Jalan Diponegoro tak jauh dari kediaman Gubernur Riau dan rumah dinas Kapolda Riau.

Balap liar juga kerap berlangsung di Jalan Naga Sakti, Jalan Cut Nyak Dien. Ada juga di sekitar Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Pekanbaru Tenayan Raya dan Jalan Tuanku Tambusai.