Bawaslu Riau Fokus Pileg dan Pilpres, Hibah Anggaran Pilgubri 2024 Masih 30 Persen

Ilustrasi-Bawaslu3.jpg
(Dok. Bawaslu)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau, Alnofrizal mengatakan, Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) tahun 2024 akan dianggarkan sekitar Rp31,5 miliar.  Anggaran tersebut akan dihibahkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Ia menjelaskan, hingga saat ini, Bawaslu Riau sudah menerima anggaran hibah sekitar 31 persen. Sisanya ditransfer saat tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dimulai. 

"Anggaran Pilkada Riau berkisar Rp31,5 miliar. Sesuai arahan Kemendagri kemarin, sekitar 30 persen sudah masuk ke rekening Bawaslu Riau untuk Pilkada," ujarnya, Rabu, 28 Februari 2024.

Menurutnya, anggaran tersebut juga belum dipergunakan oleh Bawaslu Riau. Pasalnya, hingga saat ini, tahapan Pilkada belum dimulai dan Bawaslu serta KPU masih fokus menyelesaikan tahapan Pilpres dan Pileg.


"Uang itu juga belum kita pergunakan sama sekali. Sekarang kita masih menggunakan anggaran negara untuk Pemilu ini, untuk Pilpres dan Pileg," jelasnya.

Lanjutnya, anggaran Pilkada tentunya akan dipakai untuk proses Pilkada. Mulai dari tahap sosialisasi, penyesuaian Daftar Pemilih Tetap (DPT), penyusunan badan ad hoc hingga tahap akhir proses Pilkada. 

"Tentunya mulai dari kita sosialisasikan Pilkada sampai Pilkada selesai itu akan dipergunakan anggarannya. Pilkada akan dimulai sekitar bulan Maret atau April mendatang," pungkasnya.