Pemprov Riau Benarkan Pelantikan Pj Gubernur Riau Diagendakan Kamis Mendatang

Ilustrasi-Pelantikan3.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau membenarkan agenda pelantikan Pj Gubernur Riau direncanakan pada Kamis, 29 Februari 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan Kabag Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekdaprov Riau, John Pinem, Selasa, 26 Februari 2024. 

"Rencananya memang hari kamis besok (pelantikan digelar, red)," ujarnya.

Namun demikian, ia mengaku belum memegang dan melihat SK pelantikan Pj Gubernur Riau tersebut. Sehingga, belum bisa memastikan siapa calon Pj Gubernur Riau yang akan dilantik.

"SK belum sampai ke saya. Nanti diinformasikan lebih lanjut," jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho mengabarkan Presiden RI Joko Widodo  telah menandatangani Surat Keputusan (SK) Penjabat Gubernur Riau (Gubri). SK tersebut diklaim menunjuk Sekdaprov Riau SF Hariyanto sebagai Pj Gubernur Riau.

"Sudah (keluar SK, red). Yang ditunjuk SF Hariyanto dan akan dilantik pada Kamis tanggal 29 Februari besok," ujar Agung, Selasa, 27 Februari 2024.

Menurutnya, setelah dilantik nantinya, Pj Gubernur dapat segera melakukan pekerjaannya untuk membangun daerah. 


"Kami DPRD berharap agar langsung dapat bekerja dan melanjutkan program-program kerakyatan yang ada," jelasnya.

Lain pendapat dari Agung Nugroho, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto memprediksi pelantikan Pj Gubernur Riau akan diselenggarakan hari ini, Selasa, 27 Februari 2024. Namun, ia tidak dapat menyebutkan siapa calon Pj Gubernur Riau yang akan dilantik tersebut.

"Desas-desusnya saya dengar besok (hari ini). Tapi saya belum dapat gambaran SK nya, siapa calonnya," ujarnya, Senin, 26 Februari 2024 sore kemarin.

Menurutnya, DPRD Provinsi Riau sangat berharap calon Pj Gubernur Riau adalah orang yang berstatus sebagai warga Riau dan benar-benar mengenal daerahnya. Hal ini dikarenakan momen pengangkatan calon Pj tersebut bersamaan dengan masa Pemilu dan kondisi Riau yang sering terjadi bencana banjir dan Karhutla.

"Kita berharap, begitu dia dilantik, karena dia merupakan orang Riau, dia sudah kenal dengan wilayahnya. Sudah tahu harus berbuat apa," jelasnya.

Namun demikian, pihaknya pun tidak menampik kemungkinan Pemerintah Pusat akan memilih bukan orang Riau sebagai Pj Gubernur Riau. 

Terkait beberapa calon yang diisukan bukan orang asal Riau, seperti Budi Situmorang dan Ellen Setiadi, menurutnya bisa saja terpilih jika memang keputusan dari Presiden Joko Widodo.

"Itu hak prerogatif presiden dan takdir dari calon tersebut. Kita tidak bisa ikut campur, tapi kalau ditanya harapan kita seperti apa, ya tadi, orang Riau," jelasnya.

Di samping itu, Hardianto menjelaskan bahwa agenda pelantikan Pj Gubernur Riau bisa saja diundur hingga satu bulan kedepan. Pasalnya, saat ini kursi Gubernur Riau sedang dialihkan kepada SF Hariyanto sebagai Plh Gubernur Riau. 

"Jabatan Plh itu biasanya sampai sebulanan. Jadi mungkin saja besok Pj Gubernur Riau bisa dilantik atau bisa juga diundur sampai bulan depan," jelasnya.