Mardianto Manan Minta Gubernur Libatkan DPRD Riau Berantas Mafia Lahan

mardiantomanan1.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Anggota DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan, meminta Gubernur Provinsi Riau melibatkan dan bekerjasama dengan DPRD Riau untuk memberantas  mafia lahan. 

Menurutnya, pihaknya sudah pernah membuat rekomendasi terkait sengeketa lahan antara masyarakat dan perusahaan, melalui pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Penyelesaian Konflik Lahan.

Pihaknya, juga mengaku sudah pernah menghubungi Gubernur Riau Edy Natar Nasution secara pribadi terkait upaya pemberantasan mafia lahan tersebut. 

"Kita mendukung Gubernur Riau untuk memberantas mafia lahan yang ada di Riau. Kita juga ingin dilibatkan dalam proses penyelesaian kasus-kasus lahan di Provinsi Riau," ujarnya, Sabtu, 3  Februari 2024.


Menurutnya, DPRD Riau memang hanya memiliki kewenangan terbatas pada memberikan rekomendasi. Namun, dengan kerjasama bersama Pemprov Riau, maka penyelesaian konflik lahan dapat dimaksimalkan.

"Masyarakat sering bertanya ke saya. Saya jelaskan tupoksi dari DPRD, yang sangat terbatas. Makanya, saya sangat berharap supaya Gubernur menyelesaikan konflik lahan ini bersama-sama, pakailah rekomendasi kami, agar tidak memulai dari nol lagi. Kekuatan Gubernur ini kuat, karena dia eksekusi, kalau kami DPRD tidak ada hak eksekusi," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur Provinsi Riau Edy Natar Nasution telah membuat keputusan untuk membentuk tim penyelesaian konflik lahan di Riau. Bahkan, Gubernur memanggil seluruh perusahaan sawit, masyarakat, dan jajaran pemerintahan kabupaten/kota untuk mendata permasalahan lahan di Provinsi Riau, sekitar Januari 2024 lalu.