Banyak yang Pensiun, 40 Kepala Sekolah di Pekanbaru Dijabat Plt

Kepala-Sekolah2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Puluhan kepala sekolah di Kota Pekanbaru ternyata dijabat oleh pelasana tugas (Plt). Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru mencatat hingga saat ini ada 40 kepala sekolah yang dijabat Plt.

Disdik Pekanbaru merinci, terbanyak Plt kepala sekolah ada di sekolah dasar (SD), yakni 32, di SMP sebanyak 7 sekolah. Kemudian ada juga 1 sekolah TK yang kepala sekolahnya dijabat oleh Plt.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, kepsek yang dijabat Plt itu lantaran kepala sekolah yang bersangkutan sudah pensiun. Mereka sudah purna tugas mengabdi sebagai guru atau kepala sekolah.

"Pensiun terbanyak di SD, ada sekitar 32 orang. Sisanya SMP yang memasuki masa pensiun, kemudian satu ada dari TK," ujar Jamal, Jumat 2 Februari 2023.


Dirinya mengatakan bahwa jumlah tersebut akan bertambah lagi karena masih ada yang memasuki masa pensiun hingga beberapa bulan kedepan.

Para kepsek yang purna tugas di SD dan SMP seluruh Kota Pekanbaru tersebut, kata Jamal, terbilang cukup banyak dari periode tahun 2023 hingga tahun 2024 ini.

Abdul Jamal menyebut, secara teknis pihaknya sudah siap untuk pelantikan kepala sekolah definitif. Saat ini tinggal menunggu persetujuan Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Muflihun, untuk pelantikan 

"Masih berkoordinasi tentu ini arahan pak Pj wali kota juga. Ini akan kita segerakan SD dan SMP serta di TK ada satu kepala sekolah masuk masa pensiun," tandasnya.