Ruas Tol Bangkinang-Pangkalan Ditargetkan Rampung April 2024

Tol-Bangkinang-Pangkalan.jpg
(Dok. BPJT)

RIAU ONLINE - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan pembangunan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan masih berjalan.

Infrastruktur jalan sepanjang 101 km itu tengah digarap, khususnya ruas Bangkinang-Pangkalan sepanjang 61 km. Sebelumnya, Presiden Jokowi telah meresmikan ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang pada Januari 2023.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menjelaskan progres konstruksi pengerjaan Tol Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km sudah mencapai 94,42 persen. Ruas Bangkinang-Koto Kampar itu ditargetkan rampung dan beroperasi penuh pada April 2024.

"Dengan tersambungnya ruas ini nantinya akan mengintegrasikan antara Kota Pekanbaru, Kota Bangkinang, dan Kecamatan XIII Koto Kampar di mana terdapat potensi pengembangan kawasan wisata, industri, dan perkebunan," kata Basuki dikutip dari kumparan, Minggu 28 Januari 2024.


Basuki menyebut ruas tol ini menjadi bagian dari koridor pendukung (sirip) Jalan Tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Riau dan Sumatera Barat.

Konstruksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 sepanjang 24,7 km dilaksanakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya, PT Hutama Karya dengan biaya investasi senilai Rp 4,83 triliun.

Ke depan, Tol Pekanbaru-Dumai sebagai koridor utama Jalan Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi akan tersambung dengan sirip/feedernya, yakni ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang-Pangkalan hingga Padang.

"Dengan konektivitas yang semakin mantap, koridor Pekanbaru-Padang akan terus tumbuh berkembang dengan basis kegiatan industri perkebunan, pertambangan, dan turunannya, termasuk mendorong kegiatan pariwisaya di kawasan pariwisata Candi Muara Takus dan Kelok Sembilan," jelasnya.