Cara Unik Ditlantas Polda Riau Imbau Tertib Lalu Lintas: “Jan Koncang-koncang Cu”

Spanduk-imbauan-ditlantas-di-tol.jpg
(Dok. Ditlantas Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau memasang imbauan tertib berlalu lintas di Tol Pekanbaru - Bangkinang, Rabu 17 Januari 2024. Uniknya bahasa yang digunakan pada imbauan tersebut menggunakan bahasa Ocu khas Kabupaten Kampar.

"Jan koncang-koncang cu, sayangi anak bini di uma. Pemilu sabontaw le cu (Jangan kencang-kencang, ingat anak istri di rumah. Pemilu sebentar lagi)," bunyi pesan dalam spanduk yang digaungkan Ditlantas Polda Riau.

Spanduk tersebut dipasang sebagai upaya Ditlantas Polda Riau untuk mengingatkan pengendara berhati-hati saat berkendara serta imbauan Pemilu 2024 yang tidak lama lagi digelar.

"Spanduk tersebut memang sengaja kita pasang untuk keselamatan pengendara yang melintas, kemudian pemasangan spanduk kita tersebut kita sematkan imbauan Pemilu 2024 yang tidak lama lagi," kata Kasat PJR Ditlantas Polda Riau, Kompol Irnanda Oktora.


Spanduk imbauan berbahasa Ocu tersebut dipasang di beberapa titik di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Kita dari SAT PJR Ditlantas Polda Riau tidak saja melaksanakan pemasangan spanduk imbauan tertib berlalu lintas lintas dan imbauan Pemilu 2024, namun personel kita yang di lapangan juga memberikan imbauan edukasi tentang Pemilu 2024," terangnya.

Selain itu, Kompol Irnanda juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah dan terpengaruh dengan pemberitaan yang belum jelas kebenarannya, dan jangan asal bagikan saja berita yang belum tentu benar atau hoaks.

Adapun kegiatan edukasi tentang anti hoaks tersebut berupa pemberian brosur yang dimulai dari petugas tol, pengunjung rest area dan pengendara lainnya. 

"Kita berharap, dengan kegiatan yang kita laksanakan ini, yang kami sebut cooling system, bisa menciptakan Pemilu 2024 yang sejuk, damai, aman dan lancar, tentunya pesta demokrasi yang sebentar lagi dilaksanakan bisa terwujud sesuai harapan rakyat Indonesia." tutup Kasat PJR Ditlantas Polda Riau.