Waspada, Riau Bakal Dilanda Hujan Lebat Disertai Petir Hari Ini

Ilustrasi-hujan-petir.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini, Selasa 2 Januari 2024.

Forecaster On Duty BMKG Pekanbaru, Gita Dewi S, mengatakan cuaca diprakirakan cerah berawan serta ada potensi hujan ringan hingga sedang di beberapa wilayah.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di beberapa wilayah saja," ujarnya.

Ia menjelaskan, pada pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti. 

Disusul siang hari, hujan ringan diprediksi akan turun di sejumlah wilayah, termasuk Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kuansing, Siak, Kampar, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu dan Kota Pekanbaru.


Sedangkan sore hingga malam hari, sebagian besar wilayah Riau berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. 

"Dini hari nanti, Kabupaten Kuansing, Indragiri Hulu dan Bengkalis berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang," tuturnya. 

Lanjut Gita, BMKG mengeluarkan peringatan hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang atau sore dan malam hari.

"Potensi tersebut terjadi  di Kabupaten Kampar, Bengkalis, Pelalawan, dan Kabupaten Kuansing," tuturnya. 

Sementara, suhu udara hari ini diperkirakan berkisar antara 23.0–31.0 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 65–99 persen. Angin bertiup dari Barat Laut hingga Timur Laut dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50-1.25 meter.