Plt Gubri Kebut Rombak Jabatan, DPRD Riau: Semua Punya Hak, Mumpung Masih Berkuasa

Sugeng-Pranoto.jpg
(Bagus Pribadi/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Plt Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar Nasution akhirnya melakukan mutasi hanya selang beberapa hari usai menjabat. Padahal Edy sendiri sedang berada di penghujung masa jabatan.

Anggota DPRD Provinsi Riau, Sugeng Pranoto menilai Edy sebagai kepala daerah punya hak. Ia menyebut hak serupa juga dimiliki oleh Gubernur Riau, Syamsuar untuk merombak jabatan.

"Semua punya hak, baik Gubernur Syamsuar maupun plt pak Edy Natar untuk merombak jabatan," paparnya

Walau demikian, itulah wajah pemimpin Riau saat ini. Sugeng menilai, para pemimpin mulai mempertontonkan sikap superior ke panggung politik Riau.

Sugeng menyebut bahwa gubernur sebelumnya merupakan ketua parpol terbesar di Riau. Sedangkan satunya lagi Dewan Penasihat parpol lainnya. 

"Tentunya punya target memenangkan kontestasi pemilu 2024. Mumpung masih berkuasa. Kapan lagi?" ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Riau.


Sugeng menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun politik. Ia menilai, semua berkepentingan untuk mendudukkan orang-orangnya level jabatan tertentu. 

"Pastilah sudah dikalkulasi keuntungan yang bakal dicapai," imbuh politisi PDI Perjuangan ini.

Edy Natar Nasution merombak posisi 39 pejabat Pemprov Riau usai sepekan menjabat pasca mundurnya Syamsuar dari jabatan Gubernur Riau.

Dirinya sudah melantik puluhan pejabat di lingkungan Pemprov Riau pasca sepekan menjabat Plt Gubernur Riau untuk mengisi kekosongan kursi kepala daerah usai ditinggalkan Syamsuar.

Seolah tak puas dengan kebijakan penempatan pejabat publik pada masa Syamsuar, sejumlah pejabat yang dilantik Edy Natar pada Jumat, 10 November, justru merupakan pejabat yang baru hitungan hari dilantik oleh Syamsuar semasa menjabat Gubernur Riau, yakni pada 31 Oktober 2023.

Pelantikan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau mengundang perhatian publik. Pasalnya, pelantikan ini terkesan janggal karena ada sejumlah pejabat yang baru sepekan dilantik, kemudian dilantik lagi untuk menempati posisi berbeda.

Nama-nama tersebut seperti nama Firdaus yang baru saja dilantik Syamsuar menjabat sebagai Kepala UPT Samsat, kini dilantik sebagai Kabid Pembinaan Guru di Disdik Riau.

Selain itu, terdapat juga nama Teguh Ikhsan yang dilantik Gubernur Riau Syamsuar pada 31 Oktober 2023 sebagai Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dishub Riau, kini posisinya sudah digantikan oleh Rionaldi Risti yang dilantik oleh Edy Natar Nasution pada Jumat, 10 November 2023.

Ada pula nama Slamat Haryadi, Kepala Bidang Pembangunan Sumber Daya Industri Kerjasama dan Promosi, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, yang bernasib seperti Teguh. Ia digantikan oleh Tengku Arif Lukman yang dilantik Edy Natar Nasution.