Gunungan Sampah di Pasar Pagi Arengka "Rebut" Jalur Pengguna Jalan

Tumpukan-sampah28.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Sampah menggunung dan mengeluarkan bau tidak sedap masih terlihat di Pasar Pagi Arengka, Jalan Soekarno Hatta Pekanbaru.

Dari pantauan RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 10 Oktober 2023, tumpukan sampah bertebaran hingga ke badan jalan dan membuat jalur pengendara menjadi lebih kecil.

Pedagang buah Pasar Pagi Arengka, ir (45), mengatakan kondisi ini sangat menganggu aktivitas jual beli di pasaran.

"Setiap hari memang keadaanya seperti ini. Sebab jam pengakutan yang tidak menentu, seperti minggu kemaren mobilnya datang jam 14:00 WIB. Tapi kalau semalam jam 11:00 udah datang dan sekali angkut 3 mobil," ujarnya saat diwawancarai, Selasa 10 Oktober 2023.

Menurutnya, sampah bukan hanya berasal dari pemukiman pasar, tetapi warga luar yang juga dengan sengaja membuang sampah di tempat ini.


"Jadi berharap harus selalu dibersihkan dan dilarang lah orang buang sampah di sini. Tapi mau kayak mana lagi, masyarakat tidak mau tau karena disuruh dari Rukun Tetangga (RT) di sinilah tempat pembuangannya," ungkapnya.

Sementara, pembeli kebutuhan rumah tangga, Eva (38) menyebut, akibat sampah yang menumpuk, akses yang dilaluinya jadi terganggu.

"Saya sering belanja ke pasar ini dan selalu lihat sampah menumpuk bahkan tidak lagi dalam tempatnya. Namun sudah sampai ke jalan dan sangat kotor jika kita melintas ke sini," katanya.

Eva berharap pemerintah lebih memperhatikan kondisi sampah di pasar ini. Sebab adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Sementara tidak berguna, jika masyarakat masih membuang sembarangan.

"Kalau bisa dikasih pengawasan agar membuang sampah dalam tempat yang disediakan bukan di luar tempat. Kasihan pedagang yang di depan sana dan pegendara yang melintas," tutupnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri  peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE