Kabut Asap Tipis, Pengunjung CFD di Pekanbaru Olahraga Pakai Masker

CFD-di-Pekanbaru-saat-kabut-asap.jpg
(ANGGI/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabut asap tipis masih menyelimuti Kota Pekanbaru sejak Minggu 8 Oktober 2023, pagi. Meski berkabut, kegiatan car free day (CFD) yang biasa diadakan pada Minggu tidak sepi pengunjung.

Pantauan RIAU ONLINE, ramai masyarakat datang ke area CFD Jalan Jenderal Sudirman. Kebanyakan pengunjung berjalan santai dengan mengenakan masker dan melakukan olahraga lainnya di area CFD.

Satu Pengunjung CFD, Diah, mengaku mengenakan masker lantaran tidak nyaman menghirup udara Kota Pekanbaru yang tidak sehat karena bercampur kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ia berharap masyarakat Kota Pekanbaru mulai kembali mengenakan masker agar kasus ISPA tidak meningkat karena ulah kabut asap.


"Setidaknya semua warga bisa kenakan masker, karena kan kasian juga kalau pada sakit menghirup udara tak sehat ini bisa menyebabkan ISPA juga," ujarnya ketika diwawancarai. 

Ia pun berharap udara di Kota Pekanbaru cepat membaik. Dengan begitu, katanya, masyarakat tidak perlu khawatir lagi untuk bepergian maupun beraktivitas di luar rumah.

Akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah daerah di Provinsi Riau turut membuat Pekanbaru terkena dampaknya yakni dengan munculnya kabut asap.

Artikel ini ditulis Anggi, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE