Kebakaran Lahan Masih Terjadi di Pekanbaru, Muflihun Peringatkan Camat dan Lurah

Lahan-di-sudirman-ujung-terbakar.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kebakaran lahan masih terjadi di Kota Pekanbaru. Akhir pekan kemarin terjadi kebakaran lahan di Kecamatan Rumbai Barat. Tim BPBD bersama aparat gabungan bergerak cepat memadamkan lahan setengah hektar yang terbakar di kawasan itu.

Melihat kondisi ini, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun memberi peringatan kepada para camat dan lurah karena kebakaran lahan masih terjadi di Kota Pekanbaru. Kebakaran lahan terparah terjadi di Kecamatan Bina Widya.

Hal ini menjadi sorotan dalam Rapat Forkopimda Kota Pekanbaru di Batalyon Kopasgat 462 Pulanggeni, Selasa 3 Oktober 2023. Muflihun mempertanyakan penanganan lahan yang terbakar di kawasan itu.

"Kita tentu mendorong upaya pemadaman harus optimal, jangan sampai kebakaran meluas," tegasnya dalam rapat.


Menurutnya, camat beralasan bahwa kebakaran lahan terkendala upaya pemadaman. Kebanyakan karena lokasinya sulit dijangkau sehingga proses pemadaman memakan waktu lama.

"Mestinya camat dan lurah bisa melakukan antisipasi dini terhadap kebakaran lahan di wilayahnya. Jangan sampai kebakaran dibiarkan meluas sehingga semakin parah," ucapnya.

Muflihun menyadari bahwa kabut asap masih melanda di Kota Pekanbaru. Dirinya berharap aparat gabungan bisa bersinergi dalam upaya pemadaman kebakaran lahan.

Dirinya menyebut bahwa upaya pemadaman kebakaran lahan mesti dioptimalkan lagi. Apalagi saat ini dalam kondisi kabut asap sejak pekan kemarin.