Pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru Berlanjut, Anggaran Capai Rp 80 Miliar

Bangunan-Pasar-Cik-Puan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembangunan Pasar Cik Puan Pekanbaru rencananya bakal berlanjut. Kelanjutan pembangunan pasar di Jalan Tuanku Tambusai ini usai mendapat gelontoran anggaran dari pusat.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, saat berkunjung ke Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu berjanji bakal membantu rencana pembangunan kembali Pasar Cik Puan yang mangkrak selama 11 tahun. Ia bakal berkomunikasi dengan Kementerian PUPR perihal kelanjutan pembangunannya.

Pembangunan kembali pasar itu bisa menelan anggaran mencapai Rp 80 miliar. Anggaran pembangunan di atas Rp 6 miliar ada di Kementerian PUPR. Sedangkan yang di bawah itu nantinya dibantu oleh Kementerian Perdagangan.

"Kita sudah sampaikan terkait rencana pembangunan kembali Pasar Cik Puan," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Rabu 27 September 2023.


Dirinya menyebut bahwa tim teknis dari Kementerian Perdagangan akan meninjau kondisi terkini Pasar Cik Puan. Ada rencana penghitungan ulang untuk memastikan kebutuhan anggaran.

"Mereka ingin melihat langsung kondisi pasar sebelum revitalisasi nanti, kalau kurang dari Rp 80 miliar, tentu disesuaikan. Apabila lebih dari Rp 80 miliar tentu tim teknis akan menghitungnya lagi," paparnya.

Hingga kini kondisi bangunan Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru masih terbengkalai. Rangkaian pembangunannya sendiri berlangsung pada tahun 2010. Namun hingga kini belum ada perkembangan berarti pasca pembangunannya terhenti pada tahun 2012 silam.