Tidak Hanya Beras, Harga Sembako di Pasaran Ikut Melonjak

Toko-Sembako3.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tidak hanya beras, sejumlah bahan pokok di pasaran seperti telur, gula dan minyak mulai mengalami kenaikan. Keadaan ini sudah berlangsung sejak satu bulan belakangan.

Pedagang Selasa Panam, Amel (24), mengatakan untuk minyak makan dan gula pasir naik berkisar Rp1.000 hingga Rp2.000.

"Sembako yang naik seperti minyak yang biasanya Rp12.000 per kg menjadi Rp14.000 per kg dan gula yang biasa Rp15.000 per kg menjadi Rp16.000 per kg," ujarnya saat diwawancarai RIAUONLINE. CO.ID, Sabtu 23 September 2023.

Ia menyebut, akibat kenaikan tersebut cukup berimbas terhadap penjualan di toko.

"Jadi mudah-mudahan kedepannya harga makin bermasyarakat, sehingga memudahkan masyarakat untuk belanja ke toko sembako," ungkapanya.

Hal yang sama disampaikan oleh Pedagang di Pasar Selasa, Syahrumen Helix (22). Ia mengungkapkan kenaikan sudah terjadi sekitar 1 bulan belakangan terutama untuk beras, telur dan gula.


"Untuk yang melonjak tinggi itu telur dan beras. Biasanya telur 1 papan Rp50.000 sekarang menjadi Rp55.000. Beras mudik biasanya Rp140.000 per karung sekarang menjadi Rp150.000 per karung. Kalau gula naiknya hanya Rp2.000 per kg," katanya.

Menurut helix, untuk harga sembako yang lain masih tetap stabil dan terpantau normal.

"Hanya saja yang sangat melonjak itu beras dan telur, yang membuat orang mikir 2 kali untuk belanja," jelasnya.

Ia mengungkapkan, sejak terjadi kenaikan harga beras cukup berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.

"Biasanya orang belanja beras 1 karung yang 10 kg, sekarang belanja hanya 7 atau 8 kg terutama beras untuk jualan malam seperti nasi goreng. Ini sangat berpengaruh, sehingga saya berharap harga lebih stabil lagi. Kalau di pasar ini kita ikut pemerintah jadi harga distabilkan biar orang belanja normal kembali," pungkasnya.

Artikel ini ditulis Annisa Alzikri, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE

<iframe title="YouTube video player" src="https://www.youtube.com/embed/0l2kUn5E_RU?si=4wafX2oIsfkmR_JZ" frameborder="0" width="425" height="350"></iframe>