Petugas Bongkar dan Bakar Pondok Perambah Kawasan Hutan TNTN di Pelalawan

Pondok-dikawasan-TNTN-Dibakar.jpg
(Istimewa via Batamnews)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Sejumlah pondok yang diduga digunakan sebagai tempat berteduh perambah kawasan hutan di Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN), Kabupaten Pelalawan, dibongkar dan dibakar petugas dari Balai TNTN, Senin, 28 Agustus 2023.

"Kami telah membongkar pondok yang diduga digunakan sebagai tempat berteduh oleh perambah kawasan hutan TNTN. Kami juga melakukan pembakaran terhadap pondok-pondok tersebut," ungkap Kepala Balai TNTN, Heru Sutmantoro, Selasa, 29 Agustus 2023, dikutip dari jaringan RIAU ONLINEBatamnews.

Heru menyebut pondok pertama dihuni seseorang bernama Purba. Purba sebelumnya telah mendapat peringatan dari petugas untuk meninggalkan lokasi itu. Namun, Purba tidak mengindahkan peringatan tersebut. Purba mengaku hanya bertugas menjaga lahan itu.

"Petugas telah memberikan peringatan awal, tetapi tidak diindahkan. Oleh karena itu, pondok langsung dibongkar," tegas Heru.


Selain itu, kata Heru, petugas juga telah membongkar pondok lain milik seseorang bernama Tambunan. Saat ditemukan, pondok itu sudah tidak berpenghuni.

"Kami mengidentifikasi bahwa pondok ini milik Tambunan dan diduga digunakan sebagai tempat berteduh," ujarnya.

Karena tidak ada penghuni di pondok tersebut, petugas langsung melakukan pembongkaran dan pembakaran. Heru mengungkapkan bahwa pondok ini diduga digunakan sebagai tempat istirahat bagi perambah hutan.

"Di Kawasan Hutan TNTN, kami melaksanakan tindakan tegas dan juga melakukan penanaman pohon," tambahnya.