Proses Pelapisan Aspal Jalan Pemuda Pekanbaru Baru 40 Persen

Overlay-jalan-pemuda.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses overlay atau pelapisan kembali aspal di Jalan Pemuda, Kota Pekanbaru sudah mencapai 40 persen. Proyek overlay jalan bakal berlangsung sepanjang 2,2 kilometer.

Perbaikan ruas jalan rusak ini baru berlangsung awal Juli 2023. Saat ini, sebagian besar rusak masih dalam tahap pengerjaan base dan dilakukan pelapisan aspal untuk tahap awal. 

"Pengerjaan ruas Jalan Pemuda sudah 40 persen, itu kan baru dikerjakan, tapi kita gesa perbaikannya," jelas Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Minggu 23 Juli 2023.

Ia mengatakan, pengerjaan overlay ini masih dalam tahap pengerjaan base terhadap lapisan permukaan Jalan Pemuda. Pengerjaan base ini hingga proses finishing base diprediksi berlangsung sekitar dua minggu. 

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk overlay Jalan Pemuda mulai dari persimpangan Jalan Kulim hingga Jalan Siak 2. Dalam pengerjaan proyek overlay ini bakal berlangsung selama hampir empat bulan.


"Kalau lancar pengerjaannya ya sekitar empat bulan. Nanti ada juga untuk pemeliharaan juga," ulasnya.

Proyek overlay ini menggunakan anggaran dari APBD Provinsi Riau. Total anggaran berupa Bantuan Keuangan (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau ini mencapai Rp 5,6 Miliar.

Pihaknya juga melakukan perbaikan drainase seiring perbaikan ruas jalan rusak di Jalan Pemuda. Ia menyebut, di kawasan tersebut banyak drainase yang ditutup oleh pemilik ruko secara permanen.

"Jadi kita akan bongkar untuk setiap lima meter, kita rapikan juga. Kita fokus pada drainase yang sengaja ditutup," tukasnya.