Antisipasi Air Meluap, Drainase Jalan Arifin Achmad Pekanbaru Dikeruk

Ilustrasi-drainase.jpg
(via Pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan normalisasi terhadap drainase di sekitar Jalan Arifin Achmad, Kota Pekanbaru.

Satu unit alat berat dikerahkan untuk melakukan pengerukan drainase yang tidak berfungsi. Pasalnya, kawasan tersebut kerap tergenang usai hujan deras.

"Kita sudah melakukan pengerukan di dua titik, ada satu alat berat untuk mengeruk sedimen di dalam drainase," ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah, Jumat 21 Juli 2023.

Ia menyebut drainase yang dikeruk berada dekat persimpangan Jalan Paus dengan Jalan Arifin Achmad. Kata dia, sedimen di dalam drainase mulai bertambah.

Kondisi serupa juga terlihat di drainase depan Kantor PAN Riau dan depan Kantor BSI Arifin Achmad. Sedimen itu membuat drainase tidak berfungsi dengan baik sehingga air meluap hingga ke jalan raya.


"Jadi kita melakukan pengerukan, lalu membersihkan saluran air yang mengarah ke drainase itu, ada beberapa kita bersihkan," terangnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa proses normalisasi berlangsung di drainase Jalan Arifin Achmad dan aliran Sungai Limbung. Pihaknya berupaya melakukan normalisasi untuk mencegah banjir.

Dirinya mengimbau agar tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini dikarenakan, saat pengerukan tidak hanya sedimen, tapi alat berat juga menemukan banyak sampah di dalam drainase.

Sementara itu, normalisasi juga telah dilakukan di Sungai Limbung, Kecamatan Rumbai Timur, guna mencegah luapan air ke kawasan pemukiman saat musim hujan.

Satu alat berat disiagakan untuk mengeruk sedimen lumpur di aliran sungai tersebut. Banjir yang terjadi selama ini karena sedimen lumpur menyebabkan pendangkalan sungai.