Klarifikasi Harta Kekayaan, Sekdaprov Riau Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Sekda-Riau-tiba-di-KPK.jpg
(Hedi/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto, memenuhi panggilan Komisi Pemerantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 6 April 2023, hari ini. SF Hariyanto diminta KPK untuk klarifikasi harta kekayaannya atau LHKPN.

Pejabat tinggi Provinsi Riau itu tiba di KPK pukul 08.35 WIB. Ia tiba bersama dua wanita berjilbab dan seorang pria yang menenteng sejumlah dokumen.

Setiba di KPK, Hariyanto tak banyak bicara. Ia hanya mengucapkan terima kasih kepada awak media.

"Makasih, ya. Makasih, ya," ujarnya, dikutip dari jaringan RIAU ONLINEkumparan.

Panggilan KPK terhadap Hariyanto merupakan buntut dari gaya hidup mewah sang istri dan anaknya di media sosial yang belakangan menjadi sorotan.

Hariyanto dipanggil bersama Bupati Bombana, Burhanuddin. Ada juga pejabat Ditjen Pajak yang kembali akan diklarifikasi soal LHKPN.


Juru bicara KPK, Ipi Maryati, mengatakan ketiga pejabat itu akan dimintai keterangan hari ini di KPK.

"Benar, hari ini 6 April 2023 kami mengundang untuk permintaan Klarifikasi LHKPN atas nama: Sekda Provinsi Riau, Pj. Bupati Bombana/Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Pemprov Sulawesi Tenggara, dan pegawai Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan," kata Ipi saat dikonfirmasi.

Gaya hidup mewah istri dan anak SF Hariyanto menjadi sorotan setelah dibocorkan oleh akun @PartaiSocmed. Akun itu mengunggah foto istri Hariyanto berlibur di Eropa hingga menggunakan sepeda Brompton.

Belakangan, Hariyanto mengaku bahwa istrinya berlibur menggunakn tiket murah dan promo bersama teman-temannya. Bahkan, ia menyebut istrinya sempat tidur di lantai.

Sedangkan sepeda Brompton, dia menyebut itu dibeli dengan mencicil. Kemudian soal barang branded, disebutnya merupakan barang KW.

Hariyanto semakin disorot setelah dokumentasi saat ia menggelar pesta ulang tahun ke-17 sang anak, Riskia Amelia Pohan, di The Ritz-Carlton Jakarta, menyebar luas di jagat maya. Hariyanto menyatakan video yang beredar itu diambil 11 tahun lalu, di sebuah ruko.

Namun, berdasarkan hasil penelusuran kumparan, acara itu diselenggarakan pada 8 Agustus 2015 atau sekitar 8 tahun lalu. Perayaan ultah mewah itu digelar di sebuah venue di lantai LG The Ritz-Carlton.