Oknum TNI Otak Pelaku Perampokan ATM Bank Panin di Pekanbaru

Wadirkrimum-Polda-Riau-AKBP-Sunhot-P-Silalahi.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua oknum TNI aktif diduga menjadi otak pelaku dalam perampokan ATM Bank Panin Jalan Tanjung Datuk, Kelurahan Pesisir, Kecamatan Limapuluh, Pekanbaru, Minggu, 5 Maret 2023, sekitar pukul 06.50 WIB.

Hal ini terungkap usai Ditreskrimum Polda Riau melakukan pengungkapan kasus perampokan di Mapolda Riau, Rabu, 15 Maret 2023 malam. 

Wadirkrimsus Polda Riau, AKBP Sunhot P Silalahi, mengatakan dua oknum TNI melakukan perampokan bersama tiga pelaku. Mereka ditangkap di tiga lokasi berbeda.

"Kelima pelaku ditangkap di tiga lokasi berbeda, di Jakarta, Jawa Barat dan di Pekanbaru. Namun aksi perampokan ini dikomandoi oleh oknum TNI," ujar AKBP Sunhot. 

Oknum TNI, Serma AW, juga melakukan penembakan terhadap petugas yang mengawal pengisian uang di ATM tersebut. Beruntung, korban selamat setelah mengalami luka tembak di bagian perut.


"Yang melakukan penembakan saat kejadian yakni Oknum TNI Serma AW," lanjut Sunhot. 

Dari hasil penyelidikan Polda Riau, Serma AW menembak korban menggunakan senjata api yang dibeli di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Senpi jenis Makarov dibeli Serma AW di Tanjung Priok seharga Rp 15 juta. Uang hasil rampok dibagi-bagi kepada masing-masing pelaku," pungkasnya. 

Selain Serma AW, Sertu E juga terlibat aksi perampokan tersebut bersama tiga warga sipil berinisial  YP, HW dan WS.

"Ada lima pelaku yang diamankan, dua oknum dan tiga warga sipil," ujar Direktur Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Asep Dermawan, Senin, 13 Maret 2023.