Pemko Pekanbaru Bakal Beri Santunan ke Keluarga Petugas Damkar Gugur dalam Tugas

Ryan-Mortir2.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seorang petugas pemadam kebakaran (Damkar) di Kota Pekanbaru gugur dalam tugas, Senin 21 November 2022. Pria bernama Ryan Mortir meninggal usai membantu pemadaman kebakaran di Jalan Lili II, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru.

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning menjelaskan bahwa insiden yang dialami almarhum Ryan terjadi pada Senin siang. Saat itu sedang berlangsung upaya pemadaman kebakaran di gudang tiner.

"Jadi Ryan sempat diingatkan agar hati-hati melakukan pemadaman di atas atap, saat kejadian terjatuh ke tumpukan seng yang posisinya tegak, sehingga mengenai lehernya," ujar Burhan.

Dirinya menyesalkan kejadian itu bisa terjadi. Namun ia menilai itu sudah takdir yang maha kuasa sehingga almarhum Ryan pun jalani proses pelepasan sebelum dikebumikan.

 

"Kita juga bakal menaikkan bendera setengah tiang di kantor, sebagai duka kehilangan satu anggota dalam tugas," ujarnya.


Burhan menyampaikan bahwa pihaknya telah menyampaikan duka mendalam kepada keluarga almarhum Ryan. Ada rencana pemberian santunan kepada keluarga setelah dibahas bersama Pj Wali Kota Pekanbaru.

"Untuk proses pemakaman, kita berikan yang terbaik bagi almarhum. Kita antarkan almarhum ke peristirahatan yang terakhir," katanya.

Suasana haru mewarnai pelepasan almarhum Ryan Mortir, Senin malam. Mereka yang melepas almarhum dengan kesedihan tidak hanya rekan sesama petugas di DPKP Kota Pekanbaru.

Ada juga keluarga almarhum yang mengikuti prosesi pelepasan di halaman Kantor DPKP Kota Pekanbaru. Prosesi pelepasan berlangsung di kantor Jalan Cempaka usai jenazah Ryan dibawa dari RS Ibnu Sina. 

Almarhum dilepas iringan tangis yang pecah ketika jenazah hendak meninggalkan halaman Kantor DPKP Kota Pekanbaru. Para petugas membawa keranda jenazah almarhum Ryan untuk dibawa ke rumah duka, Jalan Tengku Bey.