Lewat NasDem, Munawar Syahputra Ingin Naik Kelas ke DPRD Riau

Munawar-Syahputra2.jpg
(Muthi Haura/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah politikus sudah bergerak mengumumkan dirinya sebagai peserta Pemilu 2024, termasuk Anggota DPRD Pekanbaru, Munawar Syahputra. 

Politikus NasDem itu menuturkan, dirinya ingin 'naik kelas' ke DPRD Riau setelah sebelumnya sukses mendulang suara pada Pemilu 2019 untuk legislatif Kota Pekanbaru. 

"Maju provinsi," kata Munawar, yang saat ini duduk di Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Senin, 21 November 2022. 

Ia mengungkap, saat ini sudah menyusun dan membentuk tim yang akan membawanya menuju DPRD Riau. Munawar yang terpilih melalui daerah pemilihan (Dapil) 4 pada 2019 silam sebagai anggota DPRD Pekanbaru mengaku sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat. 

"Sosialisasi ke masyarakat terutama dapil 4, sudah mulai," ujarnya. 


Soal alasan membidik DPRD Provinsi Riau, Munawar mengaku ingin berbuat lebih banyak, terutama untuk warga Pekanbaru. 

"Biar bisa lebih luas berbuat untuk masyarakat Riau khusus Dapil Pekanbaru," kata dia. 

Partai NasDem saat ini memang sedang 'naik daun', sejak keputusan partai besutan Surya Paloh ini mengusung Anies Baswedan. Bahkan pengamat menilai suara-suara pemilih Prabowo pada Pemilu 2019 lalu akan beralih ke NasDem. 

Misalnya, sebelumnya Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Muhammadiyah Riau, Aidil Haris, menyebut sosok Anies Baswedan bakal mendapat tempat di hati masyarakat Riau sebagai calon presiden 2024. Kondisi itu, katanya, akan menguntungkan kader-kader NasDem di Riau, termasuk di Kota Pekanbaru.  

Lebih jauh, Aidil mengungkapkan, para pemilih Prabowo di Pilpres 2019 lalu diprediksi bakal beralih mendukung Anies.

"Saya lihat di konteks Riau, (pemilih) cenderung memang ke Anies. Kuat dia di sini, juga termasuk Sumbar, yang dekat dengan Islam," kata Aidil.