Harga Beras Hingga Migor Diprediksi Naik Jelang Natal dan Tahun Baru

beras5.jpg
(suara.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah komoditas pangan diprediksi mengalami kenaikan harga jelang Nataru. Komoditas ini di antaranya yakni, bawang merah, kedelai, beras, dan minyak goreng.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) pun harus memastikan ketersediaan bahan pokok di Kota Pekanbaru. Terutama jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Apalagi konsumsi masyarakat mengalami peningkatan jelang Nataru. Disperindag diminta agar menggandeng Bulog untuk mengecek kestabilan harga bahan pokok di pasar, guna menekan inflasi daerah.

"Karena kita akan menghadapi Nataru. Perlu kita mencermati beberapa komoditas yang mungkin akan mengalami lonjakan harga dan menyumbang inflasi untuk bulan depan," ujar Asisten II Setdako Pekanbaru El Sabrina, Selasa 15 November 2022.


Pihaknya juga meminta agar Disperindag bersama Bulog berkoordinasi dengan pemasok sembako. Upaya ini guna mengantisipasi kelangkaan bahan pokok.

Ia menyampaikan, Disperindag dan Bulog bakal menggelar operasi pasar murah. Pasar murah ini digelar untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok di pasaran.

"Pasar murah nanti akan digelar, masih ada 1.500 paket (sembako) lagi yang kita sediakan," paparnya.

Ia menyebut, secara nasional inflasi Kota Pekanbaru sebesar 0,11 persen. Ia menilai, angka ini menunjukkan inflasi di Pekanbaru masih terkendali, dibandingkan kabupaten/kota lainnya.