Hj Azlaini Agus Mundur dari PAN

Azlaini-Agus-SH-MH.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Inisiator Partai Amanat Nasional (PAN) Riau yang juga Anggota DPR RI 2004-2009, Hj Azlaini Agus, mundur dari partai yang telah ia bentuk bersama-sama pendiri lainnya di awal-awal Era Reformasi 1998 silam.

Tokoh masyarakat Riau itu mundur terhitung sejak 1 Oktober 2022 silam saat ia mengajukan surat pengunduran diri kepada Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan.

"Benar, Bunda (sapaan akrabnya) mundur dari PAN. Ada hal-hal prinsip selama ini Bunda pegang, sudah pudar di PAN, terutama di PAN Riau," jelas Hj Azlaini Agus, Senin, 7 November 2022, saat dikonfirmasi.

Dari informasi RIAUONLINE.CO.ID peroleh, dalam surat pengunduran diri ditulis mantan Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Riau itu, partai berlambang matahari biru tersebut sudah jauh bergeser sebagai Partai Reformasi.


Ia melihat, PAN saat ini telah dihuni oleh orang-orang oportunis yang menjadikan partai ia inisiasi berdiri di awal-awal Reformasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Tak hanya itu, RIAUONLINE.CO.ID juga mendapat informasi jika Azlaini Agus bersama-sama para kader senior PAN mengirim surat ke Ketua Umum Zulkifli Hasan mengenai seorang pengurus DPP PAN yang oportunis dinilai telah merugikan nama partai.

"Dampaknya, kader-kader partai yang idealis tersingkir atau mengundurkan diri secara resmi maupun diam-diam," tulis Azlaini dalam surat pengunduran dirinya.

Tak hanya itu, Azlaini juga melihat 5 tahun terakhir PAN di Riau sudah tidak lagi mampu menunjukkan dirinya sebagai partai reformasi.

"Saya merasa PAN tidak lagi mampu memberikan ruang bagi kiprah politik saya, maka saya secara pribadi mundur sebagai anggota dan kader PAN," tulisnya mengakhiri surat pengunduran diri.