5 Film Tema Lingkungan Ini Bikin Asik Akhir Pekan, Penuh Pembelajaran

Film-Indonesia3.jpg
(tvinsider.com)

Laporan: Indah Lestari 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, seringkali bikin kita kesal. Terlebih di akhir pekan, kita jadi susah bepergian dan malas keluar rumah.

Tetapi jangan khawatir. Masih banyak sekali yang bisa dilakukan dari rumah, seperti menonton film. Ada banyak genre film. Satu di antaranya yaitu bertema lingkungan, temani akhir pekan jadi asik dan penuh pembelajaran. Terlebih di tengah krisis iklim saat ini.

Berikut lima film dengan tema lingkungan yang bakal bikin asik akhir pekan kamu. Apa saja?

1. Semesta (2020)

Film Indonesia

nationalgeographic.grid.id

Semesta merupakan sebuah film dokumenter bertajuk lingkungan. Karya sutradara Mandy Marahimin dan Nicholas Saputra, yang merupakan aktor terkenal tanah air. 

Film berdurasi hampir 90 menit ini, bercerita tentang para tokoh dan aktivis yang berjuang melawan krisis iklim dari tujuh daerah berbeda di Indonesia. Berlandaskan pada kepercayaan dan budaya masing-masing.

2. Kiss the Ground (2020)

Film Indonesia2

renature.co

Kiss the Ground mengisahkan aksi sekelompok aktivis, ilmuwan, petani, hingga politisi dalam memerangi perubahan iklim. Membongkar berbagai kerusakan alam yang muncul ulah industri pertanian.


Film dokumenter ini merekam gerakan regenerative agriculture dari tiap-tiap pemeran. Aksi untuk seimbangkan iklim dan perbaiki lingkungan yang rusak.

3. Breaking Boundaries: The Science of Our Planet (2021) 

Film Indonesia3

tvinsider.com

Karya ini merupakan kolaborasi penyiar dan sejarawan alam, David Attenborough bersama Ilmuwan Johan Rockstrom. Film dokumenter ini menyorot aksi manusia yang sangat mengkhawatirkan bagi bumi.

Mulai dari pembakaran hutan, industri, hingga polusi udara yang semakin menjadi-jadi. Tidak hanya manusia, keselamatan makhluk hidup lainnya pun tengah dipertaruhkan, diperkirakan dari 2020 sampai rentang tahun 2030 mendatang.

Melalui film ini, Rockstrom juga membicarakan penemuan ilmiahnya dengan rekannya, Owen Gaffney terkait pencegahan perubahan iklim berkelanjutan. Temuannya tersebut juga  diterbitkan dalam bentuk buku di tahun lalu.

4. Pulau Plastik: Perjalanan dan Catatan untuk Masa Depan (2021)

Film Indonesia4

kumparan

Pulau Plastik mengangkat fenomena mengenai isu pencemaran lingkungan perairan. Film ini diproduksi Visinema Pictures dan Kopernik Akarumput Watchdoc.

Digagas sutradara dokumenter Dhandy Laksono dan Rahung Nasution, karya ini memperlihatkan pencemaran sampah plastik di pulau Bali dan sekitarnya. Membersihkan sampah plastik, yang bahkan sudah berumur 40 tahun lamanya dan tak kunjung terurai.

5. Our Mothers' Land (2020) 

 

Film Indonesia5

wacana.org

Our Mothers' Land merupakan film dokumenter lingkungan karya sutradara asal Inggris, Leo Plunkett. Diproduksi The Gecko Project dan didukung Mongabay.

Film ini menceritakan tentang perjuangan sejumlah aktivis perempuan, yang senantiasa menjaga bumi demi keseimbangan dan keadilan ekologi. Melawan proyek pembangunan semen di pegunungan Kendeng, Banten, Indonesia yang dapat merusak lingkungan dan berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat sekitar.

Itulah film-film bertema lingkungan yang bisa menemani akhir pekanmu dari rumah. Kelima film tersebut bisa kamu tonton melalui platform film Netflix atau Youtube. Semoga bermanfaat!