4 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Keriput Muncul Lebih Cepat, Hindari Yuk

Ilustrasi-perawatan-kulit.jpg
(Alodokter)

RIAUONLINE - Tahukah kamu? Seiring bertambahnya usia, kandungan kolagen pun ikut berkurang. Munculnya garis-garis halus serta keriput di wajah pun tak terelakkan.

Tapi ternyata, bukan hanya karena faktor usia. Dr Shruti Saini, ahli kecantikan dan pendiri Smiles For Miles, Delhi, mengatakan kebiasaan buruk juga dapat berkontribusi memunculkan keriput.

"Kebiasaan lain seperti melewatkan pelembab dan tabir surya , merokok, pengelupasan kulit yang berlebihan dan mencucinya secara berlebihan, kekurangan vitamin dan mineral, tidur dengan posisi yang tidak tepat atau kurang tidur juga menjadi faktor penyebabnya," katanya, dimuat Indian Express, sebagaimana dikutip dari Suara.com, Jumat, 14 Oktober 2022.

Dr Shruti menyebutkan 4 kebiasaan yang bikin keriputi muncul lebih cepat, yakni sebagai berikut:

1.Tidak pakai pelembab

Kerutan rentan muncul di area mata karena tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga lebih sering mengalami kekeringan. Sebab itu, berinvestasi pada pelembab atau krim mata yang berkualitas dapat membantu mengurangi tampilan kerutan.

Disarankan memilih produk yang mengandung retinoid, peptida, dan turunan vitamin A, sebab dapat merangsang produksi kolagen.


2. Terpapar sinar matahari berlebihan

Terpapar sinar matahari terus-menerus dapat membuat kulit menumpuk kerusakan yang berujung pada tanda-tanda penuaan.

"Jika Anda ingin menghindari kerutan dan garis-garis halus akibat penuaan foto, selalu kenakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi, yang memberikan perlindungan terhadap UVA dan UVB," jelas Dr Shruti.

3. Merokok

Dokter mengatakan merokok secara langsung dapat mempengaruhi kualitas kulit dan menyebabkan kerutan dini. Ini karena merokok meningkatkan produksi radikal bebas.

"Tanda-tanda merokok seperti 'kaki gagak' di sekitar mata dan kelopak mata yang terkulai sering terlihat," ujar Dr Shruti.

4. Kurang nutrisi

Pola makan yang terjaga juga penting untuk meminimalisir tampilan kerutan dini. Setidaknya, seseorang harus minum 2-3 litar setiap hari untuk membalikkan kerutan.

Banyak penelitian menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C karena membantu produksi kolagen dan juga melawan radikal bebas.

"Diet rendah gula dan karbohidrat olahan dapat membantu kulit terlihat lebih muda," tambahnya.