Truk Pengangkut Terlambat Angkut Sampah Pekanbaru Gegara Ngantre BBM di SPBU

Angkutan-sampah.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mengakui adanya keterlambatan pengangkutan sampah. Kondisi ini terjadi lantaran truk angkutan sampah harus antre Bahan Bahan Minyak (BBM) di SPBU.

Pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi berlaku mulai Sabtu, 3 September 2022, pukul 14:30 WIB. Kebijakan tersebut berikutnya diterapkan secara merata di SPBU seluruh titik di Indonesia.

"Kondisi ini terjadi sejak beberapa hari lalu. Mungkin armada angkutan sampah bakal mengalami keterlambatan karena harus antre di SPBU," jelasnya, Jumat 9 September 2022.

Adanya keterlambatan angkutan sampah ini berlangsung di tiga zona yakni Zona I, Zona II dan Zona III. Ia mengaku kondisi ini bisa saja berlangsung selama truk angkutan harus antre mengisi BBM.

 

 


Lebih lanjut ia mengatakan, armada angkutan sampah mestinya sudah bergerak mulai pukul 05.30 WIB. Mereka terlambat mengangkut sampah lantaran harus ikut antrean panjang mendapat BBM jenis bio solar.

Hendra mengatakan, armada angkutan sampah baru bisa bergerak pada pukul 08.00 WIB menuju lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS). Ada di antara armada angkutan harus antre hingga satu setengah jam untuk mendapat bahan bakar.

"Kita menyadari bahwa layanan angkutan sampah pasti terganggu, namun kita tetap berupaya mengawasi armada angkutan sampah," jelasnya.

Dirinya menyebut bahwa armada angkutan sampah harus mengangkut sampah pada hari yang sama. Mereka tidak boleh membiarkan sampah menumpuk begitu saja.

 

 

Rotasi pengangkutan sampah ini sudah ditambah sejak dua bulan silam. Ia menyebut untuk ruas jalan protokol yakni Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tuan Tambusai, dan Jalan HR Soebrantas, Jalan Air Hitam pengangkutan dari pukul 19.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Hendra mengatakan, bakal ada tim yang siaga di setiap titik ruas jalan. Upaya tersebut lantaran masih ada oknum yang nekat membuang di sekitar titik lain sehingga dilakukan pengawasan sekaligus pembersihan.