1.429 Wisman Masuk ke Riau Lewat Pelabuhan Dumai, Penerbangan SSK II Nihil

Ilustrasi-Wisman.jpg
(Manado Post)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Setelah Pelabuhan Internasional Dumai-Malaka dibuka pada 5 Mei 2022 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau mencatat selama Mei ada sebanyak 1.429 kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) berkunjung.

"Selama dua tahun terakhir tidak beroperasi akibat pandemi Covid-19. Kali ini jumlah Wisman yang datang ke Provinsi Riau melalui pintu pelabuhan Dumai selama bulan Mei tercatat sebanyak 1.429 kunjungan," kata kepala BPS Riau, Misfaruddin, Jumat 1 Juli 2022.

Sayangnya, Misfruddin menyebut tidak ada kunjungan Wisman ke Provinsi Riau melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru karena pemerintah belum mengizinkan beroperasi.

"Sebelumnya tahun 2020 di awal terjadinya pandemi Covid-19, pada Januari-Maret 2020, jumlah Wisman yang masuk ke Provinsi Riau masih tinggi. Kemudian berkurang drastis saat pandemi Covid-19 mulai terjadi yaitu pada bulan April, tidak ada wisman yang berkunjung ke Riau melalui pintu masuk Bandara SSK II," tandasnya.


Berlanjut hingga saat ini, selama tahun 2021 hingga Mei 2022, sektor pariwisata masih terkena dampak pandemi Covid 19. Tidak ada wisman yang tercatat datang ke Provinsi Riau melalui Bandara SSK II dalam waktu 11 bulan terakhir.

Sebelumnya, Ketua Menteri Datuk Seri Utama Sulaiman Md Ali telah meminta agar penerbangan internasional di Bandara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) segera dibuka.

Hal itu disampaikannya saat meghadiri acara peresmian Festival Semarak Negeri Melaka di Atrium Kampar, Mall SKA, Kamis 9 Juni 2022.

"Saya memohon agar Republik Indonesia dapat membuka segera Lapangan Terbang Sultan Syarif Kasim lI Pekanbaru untuk penerbangan antara bangsa khususnya dari Melaka ke Pekanbaru yang mana mempunyai permintaan yang tinggi dalam pengunjungan pasien yang mau berobat," ujar Ketua Menteri Datuk Seri Utama Sulaiman Md Ali.

Ia mengatakan, hal itu dibuktikan dengan data tahun 2019 yang menunjukkan Indonesia menjadi pasaran terbesar pelancong asing yang datang ke Melaka.