Kondisi Terkini YouTuber Pencinta Reptil Amar PD Usai Digigit Piton 8 Meter

Amar-PD2.jpg
(DEFRI CANDRA /Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Muamar Syahida atau lebih dikenal dengan Amar PD digigit ular Piton saat melepasliarkan hewan reptil tersebut di kawasan Konservasi BBKSDA Riau, Jumat, 13 Mei 2022

Amar yang merupakan seorang YouTuber pencipta reptil digigit kaki bagian kiri sehingga mendapatkan perawatan karena mendapatkan luka dalam dari taring ular.

Saat RiauOnline.co.id, Jumat, 13 Mei 2022 mendatangi rumah Amar, ia terlihat masih tertatih-tatih untuk berjalan menuju keluar rumah dengan kaki diperban.

"Masih kram, dibawa berjalan agak susah," ujar Amar dengan kondisi kaki masih sakit, Jumat, 13 Mei 2022.

 Selain itu, Amar juga menceritakan kronologis dirinya digigit Piton.

"Awalnya saya bersama tim BBKSDA tengah mengukur panjang ular. Nah posisi saya waktu itu memegang bagian kepalanya. Karena terus memberontak (ular) saya sudah tak sanggup dan melepaskannya," ujar Amar.

Ular Piton ini kata Amar sangat agresif sekali, sehingga posisi dirinya salah langkah dan juga tersandung kayu hingga terjatuh.

"Saat terjatuh, ular langsung menggigit bagian paha saya sebelah kiri. Untung saya tidak banyak gerak. Karena ular terus memutar badannya," lanjut Amar.


Saat Amar menghentikan gerakan tubuh, sang ular lalu melepaskan gigitan dan kabur meninggalkan Amar.

"Untung juga tidak banyak gerak. Sempat kalau banyak gerak saat digigit, mungkin Amar audah habis dililit," pungkasnya.

Sebelumya, Seorang YouTuber yang juga pencipta reptil, Amar PD digigit dan dililit ular piton, Kamis, 12 Mei 2022.

Insiden ini terjadi saat ia mendampingi Balai BKSDA Riau melepas dua ular piton yang dievakuasi dari Bunut, Pelalawan dan Kampar.

Plh Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau mengatakan saat ini kondisi Amar sudah membaik meski sempat mendapatkan perawatan.

"Saat pelepasan, Amar sempat digigit dan dililit, sekarang ia sudah mendapatkan perawatan dan kondisi sudah membaik," ujar Hartono, Jumat, 13 Mei 2022.

Ditempat terpisah, YouTuber asal Pekanbaru mengaku dan membenarkan kalau dirinya digigit saat hendak membantu melepasliarkan ular piton tersebut.

 

"Kemarin saat pelepasan, Saya tarik karena mau dijelaskan. Pas narik itu posisi memang tidak pas, saat kondisi jongkok dan kepala ular di atas dan badannya dibawah," ujar Amar.

Saat ular dilepas, tiba-tiba kepala berbalik dan mengigit. Bahkan, ular juga langsung melilit hingga akhirnya ia menjerit minta pertolongan.

Hanya sekitar 1 menit, ular itu langsung melepaskan youtuber dengan 300 ribu subscribe tersebut. Amar yang digigit di bagian paha langsung dievakuasi untuk dapat pertolongan.