ATM BRK di 3 Lokasi Ini Disisipi Skimmer, Rp 800 Juta Uang Nasabah Hilang

Skimming3.jpg
(media konsumen/Denpasar Update)


RIAUONLINE, Batam - Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan telah terjadi pencurian data menggunakan alat skimart yang membuat nasabah Bank Riau Kepri (BRK) kehilangan uang hingga ratusan juta rupiah.

"Saat itu terjadi di ATM yang berada di Primart Tiban Center, Kecamatan Sekupang," ucap Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, Kamis, 12 Mei 2022.

Hal ini terungkap setelah Bank Riau Kepri melakukan investigasi internal dalam kasus skimming di beberapa mesin ATM miliknya. Sementara, uang nasabah yang berhasil dijebol pelaku skimming totalnya mencapai Rp 800 juta.

Diduga, pelaku skiming melancarkan aksinya pada Minggu, 1 Mei 2022. Menurut Harry, aksi pelaku skimming terekam CCTV di ATM tersebut serta ditemukan pula bukti alat skimming.

 


 

Selain itu, alat bukti yang sama juga ditemukan di mesin ATM Bank Riau Kepri di HBC Plaza Sekupang dan Supermarket, Jodoh Center.

"Jadi itu tak hanya satu mesin ATM saja, saat ini kita lakukan pemeriksaan awal terhadap dua saksi petugas bank yang menemukan alat tersebut," ucapnya.

Sementara itu, kata Harry, pihak Bank Riau Kepri telah membuat laporan. Untuk selanjutnya akan ditangani oleh Polda Kepri.

"Ya benar, dasar laporan sedang dilakukan pemeriksaan awal di Ditreskrimsus Polda Kepri," ujar Harry.