Jumlah Warga Pekanbaru yang Sudah Booster Masih di Bawah 1 Persen

vaksin-booster-firdaus.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat yang hendak mengakses layanan vaksinasi booster atau dosis ketiga di Kota Pekanbaru masih minim. Capaian vaksinasi dosis ketiga hingga saat ini masih di bawah satu persen.

 

Padahal vaksin booster menjadi satu syarat dalam penerbangan domestik. Mereka yang sudah suntik vaksin booster tidak wajib menunjukkan hasil tes PCR ataupun swab antigen.

 

Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru mencatat capaian vaksinasi booster baru 0,19 persen. Sedangkan target vaksin dosis ketiga ini mencapai 748.096 orang.

 

"Ada 605.826 orang di Kota Pekanbaru belum mendapat suntikan vaksin. Saat ini capaian vaksin booster memang masih rendah," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy.

 

Menurutnya, masyarakat yang mendapat suntikan vaksin booster kebanyakan berusia 18 tahun hingga 59 tahun. Ada 104.513 orang rentang usia itu sudah menerima vaksin dosis ketiga.

 


Masyarakat lanjut usia atau lansia yang menerima vaksin dosis ketiga juga masih minim. Mereka yang sudah menerima suntik vaksin sebanyak 8.245 orang.

 

Ia menyebut, tidak ada syarat khusus untuk mendapat suntikan vaksin booster. "Bagi yang sudah mendapat vaksin dosis kedua pada tiga bulan lalu sudah bisa mendapat suntikan vaksin dosis ketiga," jelasnya.

 

Zaini mengajak masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan baik di puskemas maupun rumah sakit agar bisa mendapat suntik vaksin dosis ketiga.