Mardianto Manan Minta Gubri Syamsuar Segera Atasi Kelangkaan Solar

Mardianto-manan5.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota Komisi IV DPRD Riau, Mardianto Manan meminta Gubernur Riau Syamsuar, segera menangani antrean BBM bio solar di SPBU.

Pasalnya kata Mardianto, antrean tersebut bisa menjadi spekulasi yang tidak baik menjelang bulan suci ramadan.

"Apalagi menjelang ramadan, jangan-jangan nanti dispekulasi publik apakah ada politisasi karena menjelang ramadan, atau ada indikasi bio solar mau dihilangkan," katanya, Jumat, 18 Maret 2022.

Menurut Mardianto, spekulasi-spekulasi itu harus diredam dengan cara menjalin komunikasi antara Pemprov Riau dengan instansi terkait dan pertamina sebagai penyedia tunggal bio solar.

"Gubernur perlu mencari tahu apa persoalan di belakang ini. Karena riskan juga kalau ini terjadi berlama-lama. Sebaiknya disikapi dengan cepat dan elok," pinta Mardianto.


Sekretaris Fraksi PAN DPRD Riau itu mengaku kasian melihat truk angkutan barang yang tidak bisa melanjutkan perjalanannya hanya karena terhenti di sebuah SPBU.

"Karena solar tidak ada. Bermalam dia sampai berjam-jam untuk mendapatkan solar. Karena kalau dilanjutkan perjalanannya terus terhenti atau kehabisan bahan bakar di tengah jalan kan lebih susah lagi," tuturnya.

Tak hanya itu, menurutnya hal yang sangat ironis jika di Riau kekurangan solar, sehingga Gubernur Riau perlu mendudukkan persoalannya.

"Khususnya di Riau, lucu kalau di bawah minyak, di atas minyak tapi di tengah-tengah kekurangan minyak. Solar ini sudah jadi bahan primer untuk kebutuhan hidup sehari-hari," pungkas Mardianto.