Menginap Semalam, Bella Saksikan Api Melalap Rumah Temannya

terbakara-r.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Bella hanya bisa menatap puing sisa kebakaran rumah temannya. Dirinya tak menyangka bakal terjadi insiden kebakaran yang menghanguskan belasan unit rumah.

Api melahap 12 rumah di Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Senpelan, Kota Pekanbaru, Minggu dinihari, 13 Maret 2022. Peristiwa yang terjadi pukul 04.45 tidak disadari oleh para penghuni rumah.

Bella mengatakan, dirinya tengah tertidur pulas bersama teman dan juga orangtuanya. Mereka baru menyadari ada api membesar setelah ada warga lain yang berteriak kebakaran.

"Orang sekitar rumah tak ada yang sadar. Ada orang yang lihat api dari jembatan Siak IV, lalu datang kemari dan teriak ada kebakaran," terangnya kepada riauonline.co.id, Minggu siang.

Para penghuni rumah lantas buru-buru menyelamatkan barang berharga. Sementara api dengan cepat terus membakar bagian demi bagian rumah semi permanen yang mereka huni.
"Cuma bisa selamatkan surat-surat dan motor. Pakaian semua sudah terbakar," paparnya.

Hal yang sama diungkapkan Artipal. Rumahnya ikut terbakar dan banyak barang tidak terselamatkan. Rumah yang ia huni selama 40 tahun kini tidak bisa ditempati untuk sementara.


"Dalam dua hari ini ya kita beres-beres. Untuk sementara tinggal di rumah anak," ujar pria 58 tahun.

Ia mengatakan, Dinas Pemadam Kebakaran sempat terlambat sekitar setengah jam. Mereka kesulitan mengakses lokasi kejadian yang posisinya di dalam gang sempit.

Hal ini diakui Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru, Burhan Gurning. Tim kesulitan melakukan upaya pemadaman karena kawasan tersebut padat penduduk.

Mereka pun membutuhkan waktu untuk proses pemadaman. Petugas pun terpaksa menyambung selang agar bisa menyalakan nozel untuk memadamkan api yang terus membesar.

"Kita lakukan upaya pemadaman selama hampir dua jam, sebab kondisinya di lokasi kebakaran merupakan kawasan padat penduduk," ujarnya.

Ia mengatakan, ada sembilan unit pemadam yang membantu pemadaman kebakaran ini. Tim dari tiga pos damkar membantu upaya pemadaman di lokasi kejadian

Pihaknya belum memastikan sumber api dalam kebakaran ini. Dirinya memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun ia memperkirakan kerugian materil mencapai ratusan juta rupiah.