Orangtua Cemas, Surat Pernyataan Vaksin Anak Dianggap Lepas Tanggungjawab

vaksinasi-anak14.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Vaksinasi bagi anak di Kota Pekanbaru sudah bergulir sejak pekan lalu. Sebelum disuntik vaksin, anak mesti mendapat izin dari orangtua. Mereka mesti menandatangani surat penyataan.

 

Orangtua keberatan dengan satu poin dalam surat penyataan. Poin itu menyatakan sekolah tidak bertanggungjawab jika terjadi hal yang tidak diinginkan pasca vaksinasi. Para orangtua pun ragu untuk mengizinkan anak mereka mendapatkan suntik vaksin.

 

Mereka menilai sekolah terkesan lepas tangan dengan poin pernyataan tersebut. Sementara, para orangtua masih banyak yang belum paham terkait penanganan jika anak mengalami efek samping usai vaksin.

 

 

 

Satu orangtua murid, Oki, merasa cukup khawatir untuk memberi izin vaksin bagi anaknya. Dirinya takut terjadi sesuatu tidak diinginkan kepada anaknya yang masih duduk di bangku kelas 2 SD.

 

"Kita orangtua kan maunya anak aman. Harusnya ada yang bertanggung jawab jika timbul efek samping setelah anak vaksin. Tapi kita berharap semua baik-baik saja," terangnya kepada riauonline.co.id, Rabu 12 Januari 2022.

 


Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Ismardi Ilyas menyebut bahwa dinas cuma menyiapkan peserta didik untuk vaksin. Proses vaksinasi dan adanya penanganan medis menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

 

"Nanti kita kordinasikan kembali dengan Dinas Kesehatan. Agar anak pasca vaksin mendapat penanganan medis, bila ada dampak pasca vaksin," terangnya, Selasa 11 Januari 2022.

 

Dinas sudah mengimbau kepada orangtua untuk memberi izin kepada anak-anaknya agar mendapat suntikan vaksin. Pihaknya sudah berkumpul dengan para kepala sekolah terkait teknis pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy menyebut bahwa tim vaksinasi hingga saat ini belum menerima informasi terkait anak-anak yang mengalami efek samping pasca vaksin.

 

 

Zaini memastikan bahwa anak-anak tersebut tidak mengalami gangguan medis usai disuntik vaksin. Ia mengimbau agar anak-anak yang sudah suntik vaksin bisa segara istirahat.

 

"Bagi anak-anak yang sudah vaksin, sebaiknya istirahat. Orangtua bisa membawa anak-anaknya untuk mendatangi puskemas terdekat bila mengalami keluhan kesehatan pasca vaksinasi," pungkasnya.