Wako Firdaus Pantau Kedisiplinan Prokes di Pasar Dupa, Begini Temuannya!

prokes-pasr.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Aktivitas pasar berjalan normal selama perpanjangan PPKM level 4 di Kota Pekanbaru. Seperti di Pasar Dupa dan Pasar Cik Puan. Para pedagang dan pengunjung harus tetap disiplin mengikuti protokol kesehatan.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menilai penerapan protokol kesehatan di pasar cukup baik. Ia bersama tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional, Minggu 5 September 2021.

Firdaus dan tim satgas melihat langsung penerapan protokol kesehatan di pasar. Meski masih ada sejumlah pengunjung tidak memakai masker, mereka langsung diingatkan dan diberikan masker.

"Harus tetap memakai masker saat berada di pasar. Masih ada beberapa pedagang tidak pakai masker. Maka kita melakukan sosialisasi protokol kesehatan terutama penggunaan masker," jelas Firdaus.


Tim langsung memberi masker agar bisa dikenakan oleh pedagang atau pengunjung. Ada juga sejumlah petugas membawa spanduk dan poster berisikan imbauan mengikuti protokol kesehatan.

"Kalau kita lihat secara keseluruhan di pasar ini tingkat penggunaan masker cukup baik, ada kita jumpai satu dua orang yang memakai masker tidak tepat," paparnya.

Menurutnya, tim langsung mengingatkan para pengunjung dan pedagang yang sama sekali tidak memakai masker. Ia mengimbau, dengan menggunakan masker adalah cara mengamankan diri dari penyebaran Covid-19.

Sosialisasi tetap gencar dilakukan oleh tim. Ia berharap hasil evaluasi bersama pemerintah pusat terkait PPKM level 4 kondisi Kota Pekanbaru bisa alami penurunan level.