Polres Kuansing Bantu Lakukan Tracer, Sukses Tekan Penyebaran Covid-19

Polres-Kuansing4.jpg
(Robi Susanto/Riau online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepolisian Resort (Polres) Kuansing, Riau dinilai sukses menekan angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuansing. Dengan membantu petugas melakukan pelacakan atau tracer orang yang berkontak erat dengan pasien konfirmasi positif Covid-19.

Ini merupakan upaya-upaya yang sudah dilakukan Polres Kuansing selama pandemi Covid-19 berlangsung. Polres juga masiv melakukan himbauan terhadap masyarakat agar patuh protokol kesehatan.

"Ada 134 personil Polres membantu Satgas melakukan tracer pelacakan terhadap kontak erat dengan pasien konfirmasi Covid-19," kata Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata melalui Kasubbag Humas Polres Kuansing, AKP Tapip Usman melalui keterangannya, Senin, 23 Agustus 2021.

 

Polres Kuansing sendiri masuk dalam Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing. Selama ini telah turut masiv membantu pemerintah menekan akan penyebaran Covid-19.


Polres sangat aktif melakukan kegiatan 3 T mulai tracking, testing hingga treatmen terhadap masyarakat. Kapolres mengatakan ini dalam rangka menekan angka penyebaran Covid-19 di Kuansing.  

Tracking sendiri merupakan kegiatan pelacakan yang dilakukan tracer terhadap orang yang kontak erat dengan masyarakat yang hasil swab positif (+) Covid-19 dari hasil Testing yang dilakukan pihak medis. Kemudian dilakukan perawatan atau pemberian obat (treatmen).


 

 

 

Sementara pengertian tracer adalah petugas yang melakukan tracking."Untuk satu pasien konfirmasi kita wajib melakukan tracking sekurang-kurangnya terhadap 15 orang," kata Kapolres.

Selama dua bulan ini lanjut Kapolres, pihaknya telah memberikan himbauan sebanyak 8.560 kali, 13.006 diberikan teguran kepada pelanggar, 621 dilakukan pembubaran.  "Sedangkan yang di tracking sudah sebanyak  16.975 orang," tutup Kapolres.