Canggih, Jokowi Kirim Alat Ubah Udara Jadi Oksigen ke Riau

konsentrator-oksigen.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bantuan oxygen concentrator dari Presiden RI Joko Widodo akan langsung didistribusikan kepada 12 daerah kabupaten/kota di Riau.

 

Ia menyebut terutamanya untuk daerah kepulauan, seperti Pulau Rupat, Bengkalis, Meranti, dan daerah dengan jarak tempuh jauh dari lokasi oksigen di Kota Pekanbaru.

 

Lanjutnya dengan menggunakan alat ini dengan udara sudah dapat menghasilkan oksigen.

 

"Untuk jumlahnya oxygen concentrator nih yang diberikan bantuan bapak presiden ada 100 jumlahnya. Jadi alokasi kita ini bukan hanya untuk 4 daerah yang Level 4. Tapi untuk semua daerah yang ada di kabupaten/kota untuk 12 daerah," kata Syamsuar, Minggu, 15 Agustus 2021 di Lanud Roesmin Nurjadin.

 

Pendistribusian bantuan Presiden RI Joko Widodo akan diberikan sesuai dengan kondisi Covid-19 di daerahnya.

 


"Ini nanti kita bagi porsinya sesuai dengan kondisi wilayahnya. Jadi yang jelas ini yang akan kita bagikan tentunya banyak mungkin di daerah kepulauan. Karena akan sulit nanti untuk mendatangkan oksigen, tabung gas dan sebagainya," katanya.

 

"Ini oksigen concentrator ini mereka tentunya dengan menggunakan udara itu sudah dapat nanti menjadi oksigen," imbuhnya.

 

 

 

Ia meminta agar tentunya Kepala Dinas Kesehatan nanti yang mengalokasikannya, beberapa buah setiap kabupaten/kota.

 

Pihaknya mengingatkan agar penggunaan Oxygen Concentrator ini sesuai dengan kebutuhan pasien Covid-19.

 

"Jadi, terhadap hal inilah kita agar nanti bisa membantu masyarakat kita kalau memang ada yang sedang dan berat gitu. Kalau yang ringan ini tentu tidak perlu pakai oksigen," pungkasnya.