Kawasan Okura Nantinya Disulap Jadi Kampung Budaya

Taman-Bunga-Okura.jpg
(Phinemo)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pengembangan kawasan di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur masuk dalam Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Sekitar Kawasan Industri Tenayan (KIT). 

 

Pemerintah Kota Pekanbaru membahas Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) kawasan tersebut. Diskusi juga membahas kesiapan kawasan itu untuk pengembangan mendukung KIT.

 

"Kita juga bahas kesiapan sarana infrastruktur dasar di kawasan itu, apalagi keberadaannya mendukung KIT," terang Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

 

 

Menurutnya, diskusi tersebut juga menjadi langkah menyipkan infrastruktur dasar yang lebih komprehensif. Pemerintah kota juga menyiapkan rencana investasi di Kawasan Okura.


 

Ada sejumlah infrastrukur pendukung yakni Jembatasan Siak Lima dan jalan lingkar luar. Ia mendorong pembangunan keduanya mendukung pengembangan kawasan Ring II KIT.

 

"Kita juga bersiap untuk menghubungkan jalan lingkar luar menuju sudirman dan sembilang," jelasnya.

 

Firdaus menyebut bahwa ada dua sektor dalam pengembangan Kawasan Okura yakni Industri Wisata dan Industri Manufaktur. Kawasan Kampung Okura nanti ya menjadi kawasan kampung budaya.

 

"Nantinya dikombinasikan dengan wisata susur Sungai Siak, Sungai Ukai dan Sungai Ambang," ujarnya.

 

Pemerintah kota juga mengembangkan wisata Danau Bandar Kayangan. Ada tim yang menyusun rencana pembangunan kawasan wisata di Okura.

 

Pemerintah kota sudah bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pengembangan Danau Bandar Kayangan. Pengembangan wilayah ini juga mendukung keberadaan KIT. 

 

Pengembangan industri di Kawasan Okura juga jadi bahasan. Bahasan dan kajian yang ada bakal jadi pedoman untuk pengembangan kawasan tersebut.