Stok Obat-obatan untuk Dukung Penyembuhan Covid-19 Dipastikan Aman

syamsuar120.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau Syamsuar terus melakukan upaya terbaiknya guna menjamin ketersediaan obat-obatan, perlengkapan dan peralatan dalam pencegahan kasus Covid-19.

 

Ia bahkan menanyakan langsung ke para pengusaha formasi yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha (GP) Farmasi Wilayah Riau yang menyediakan obat-obatan untuk pasien Covid-19 di Riau.

 

"Kami bersama Kepala Dinas Kesehatan bersilaturahmi dengan pengurusan pengusaha formasi yang ada di Provinsi Riau. Dalam rangka untuk mengecek ketersediaan obat yang ada di Riau," kata Syamsuar, Rabu, 07 Juli 2021, kepada RiauOnline, usai pertemuan di Kediaman Gubernur.

Dia menjelaskan ketersediaan obat untuk pasien Covid-19 masih bisa terpenuhi, dan tersedia stok obatnya.

 

"Alhamdulillah, dari hasil diskusi tadi obat-obatan yang berkenaan dengan Covid-19 dan obat-obatan lainnya masih tersedia di perusahaan-perusahaan formasi yang ada di Provinsi Riau," ungkapnya.

 

Pengecekan obat-obat ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kelangkaan. Apalagi dengan kasus Covid-19 di Jawa saat ini yang sangat membuat khawatiran masyarakat.

 

Pihaknya memberi keyakinan bahwa masyarakat di Riau tidak perlu khawatir akan ketersedian obat-obat tersebut.

 

 


 

 

"Ini semua adalah tujuannya untuk mengecek sejauh mana, dengan kondisi sekarang di Jawa, seperti yang sudah kita ketahui bersama. Sehingga tentunya, dengan Riau yang sekarang ini juga perlu kita antisipasi. Kita perlu juga mengecek ketersediaan obat-obatan," sebut orang nomor satu di Riau itu.

 

"Kita sudah mendapatkan gambaran dari rekan-rekan semua berkenan dengan ketersediaan obat, dan hal-hal yang nanti bisa kita diskusikan nanti dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau," sambungnya.

 

Sekali lagi, ia meyakinkan masyarakat untuk tidak panik dan khawatir perihal ketersedian obat-obatan untuk pasien Covid-19. Ia menyebut sejauh ini belum ada kelangkaan obat-obatan tersebut.

"Alhamdulillah, tidak ada," pungkasnya.

 

Sementara itu, Ketua Perwakilan GP Farmasi Wilayah Riau, Dian menyampaikan sampai saat ini tidak ada masalah untuk ketersediaan obat-obat di Riau.

 

Ia menuturkan sampai saat ini GP Farmasi Wilayah Riau masih mendistribusikan obat-obatan Covid-19, baik ke rumah sakit maupun ke tempat-tempat pendistribusian obat lainnya.

 

"Alhamdulillah untuk ketersediaan obat kami sebenarnya tidak ada masalah ya. Cuma penyuplai dari pusat sedikit terkendala. Tapi kalau ketersediaan obat, Alhamdulillah masih tersedia," kata Dian.

 

Lanjutnya, sambil mengingatkan untuk masyarakat Riau tidak perlu khawatir. "Masyarakat tidak perlu khawatir, kita tetap suplai ketersediaan obat tetap kita jamin," pungkasnya.