Aksi Premanisme Marak karena Kondisi Sosial Ekonomi yang Memburuk

Datuk-Seri-Tengku-Zulmizan-Ahmad2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Tokoh masyarakat Melayu, Datuk Seri Tengku Zulmizan Ahmad menilai aksi-aksi premanisme yang terjadi belakangan kian marak akibat kondisi sosial ekonomi yang memburuk.

"Maraknya aksi premanisme, khususnya di Riau adalah akibat dekadensi moral yang dipicu oleh kondisi sosial ekonomi masyarakat yang memburuk," ujarnya, Sabtu, 12 Juni 2021.

Menurut Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Pelalawan ini, hal tersebut harus segera diatasi. Jika tidak, sangat mungkin kriminalitas dan premanisme terus meningkat.

"Dalam jangka panjang akibat krisis multidimensional. Dalam situasi seperti ini, kriminalisme dan premanisme yg merupakan bagiannya biasany meningkat," Tambahnya.

Sebagai tokoh masyarakat Melayu, ia menyebut nilai-nilai kebaikan yang dibawa dalam kebudayaan Melayu harus ditegakkan sebagai pilar moralitas masyarakat.

"Jika nilai-nilai kebaikan universal, termasuk tunjuk ajar dalam resam budaya Melayu tidak cukup kuat menjadi pagar moral masyarakat, maka dekadensi moral akan terjadi, salah satu gejalanya premasnisme akan meningkat,"ujarnya. 

 


Ia berharap Pemerintah dan aparat penegak hukum segera bersikap untuk melakukan langkah-langkah antisipatif dan penanggulangan yang harus dilakukan sesuai kapaaitas masing-masing.

"Kami mendukung setiap tindakan memberantas atau setidaknya meminimalisir aksi premanisme, agar tidak menjadi penyakit sosial dan menambah berat beban masyarakat dlm situasi ekonomi yg sulit sekarang ini," tutup Tengku Zulmizan.