Buaya Tiga Meter Terkam Ternak Warga di Kabupaten Indragiri Hilir

buaya-muara4.jpg
(Tangkapan Layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Seekor buaya muara dengan berukuran tiga meter, memangsa seekor kambing milik warga di Desa Mumpa, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) menyebut di wilayah tersebut kerap muncul buaya.

Dari rekaman video yang beredar di media sosial, buaya muara memangsa kambing milik warga di dalam sungai. Peristiwa yang menghebohkan warga tersebut kemudian dilaporkan ke BBKSDA Riau.

Kepala Bidang Teknis BBKSDA Riau, Mahfud mengatakan, pihak BBKSDA Riau menerjunkan petugas dari Resort Rengat, Indragiri Hulu bersama kepolisian dari Polsek Tempuling.

 

 

 

“Ada satu ekor kambing yang dimakan buaya tersebut, kejadian ini baru pertama kali terjadi buaya memakan ternak, kalau informasi kemunculan buaya sudah sering terjadi,” ucapnya, Jumat, 4 Juni 2021.


Mahfud menambahkan, buaya tersebut diperkirakan panjang dua hingga tiga meter dan di tempat tersebut meruapak habitat dari buaya muara.

  

 

 

Pada umumnya daerah Inhil adalah habitat dari buaya muara,” pungkasnya.

Selanjutnya, tim gabungan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menjauh dari lokasi kejadian dan melarang warga mendekati wilayah yang merupakan habitat buaya.