Tewas Tenggelam, Nofi Arisman Nekat Mudik demi Berlebaran Bersama Anak Istri

Basarnas-50-Kota5.jpg
(Basarnas 50 Kota)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Rizky Afriadi tak menduga sahabatnya meninggal dunia dalam perjalanan mudik. Sahabatnya, Nofi Arisman (31) hanyut di sungai saat hendak mudik dari Riau menuju Sumatera Barat (Sumbar).

 

Pria yang akrab disapa Kiki bercerita, sehari sebelum keberangkatan sahabatnya, mereka sempat ngobrol bersama. Menurut Kiki, Nofi nekat berangkat mudik karena ingin berjumpa anak dan istrinya dan berlebaran bersama.

 

 

 

"Sebelum berangkat ke Sumbar, hari Selasa dia sama saya, tetap nekat berangkat gimanapun ceritanya. Karena kondisi anak dan istri beliau di Sumbar," ujar Kiki kepada riauonline.co.id, Minggu 16 Mei 2021.

 

Menurutnya, sahabatnya juga nekat berangkat lewat jalur perairan sebab sudah banyak pemudik yang lewat jalur sungai tersebut.

 

Mereka diberitahu jalan oleh masyarakat setempat. Dengan menyewa perahu motor Rp 250 ribu, pemudik dari Riau bakal diantar sampai daerah Pangkalan.

 

 

Akhirnya, kata Kiki, Nofi pun berangkat bersama tiga orang lainnya. Mereka yakni Rahman Rahim (adik), Fadil Arisandi (keponakan), dan Rajid (teman Nofi).

 

"Kondisi jalan sudah dilakukan penyekatan. Nono (Nofi Arisman) tetap ingin mudik. Namun naas, musibah menimpa mereka," ucapnya.


 

Kiki begitu kehilangan sosok sahabat yang mudah bergaul. Dia berdoa semoga sahabat bisa ditempatkan di sisi Allah SWT.

 

"Harapan saya, semoga pemerintah bisa lebih ikut andil lagi dalam penyekatan. Hati siapa yang tidak ingin menemui anak istri tapi dilarang," harapnya.

 

 

 

 

 

Informasi riauonline.co.id, Demi menghindari penyekatan jalan di jalur Darat perbatasan Riau-Sumbar, empat orang pemudik memilih pulang ke kampung halaman melewati jalur perairan.

 

Mereka menyewa sebuah perahu mesin warga di Desa Tanjung, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, sehari menjelang lebaran, Rabu, 12 Mei 2021

 

Perahu mesin tersebut bergerak melewati Sungai Kopu di Desa Tanjung serta menyisir (hulu) arus sungai yang cukup deras (melawan arus).

 

Sesampainya di Toluok Subanio, perahu yang ditumpangi empat orang ini oleng dan terbalik di Sungai Batang Kapur Taluak Sabanio, Nagari Muaro Paiti, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

 

Pemudik atas nama Rahman Rahim (20) yang selamat melaporkan peristiwa itu kepada petugas Basarnas di Pos Damkar Kapur IX.

 

"Menurut keterangan korban yang selamat, rekannya bertiga tidak bisa berenang," ucap Komandan Pos SAR Limapuluh Kota, Robi Saputra, Jumat, 14 Mei 2021.