Pariwisata Pekanbaru Bisa Sekelas Jogja dan Bandung Asal Hal Ini Terpenuhi

Peluncuran-Aplikasi-Jemari2.jpg
(Wayan Sepiyana/RiauOnline)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan pariwisata yang ada di Kota Pekanbaru, Riau, bisa saja seperti Jogyakarta atau Bandung.

 

Menurutnya Pekanbaru (Riau) memiliki daya tarik tersendiri yang khas pada kuliner dan kultur yang ada.

 

"Pekanbaru, sebagai basis juga telah memiliki akses bandara berkelas internasional, kota bisnis dan konfensi, didukung hotel dan pusat-pusat perbelanjaan, kafe dan industri kreatif yang mayoritas dipelopori oleh para anak-anak muda," kata Roni Rakhmat, Minggu, 11 April 2021.

 

Ucapan itu dikatakannya saat hadiri acara peluncuran Jendela Informasi Pariwisata Riau (Aplikasi Jemari) dan sekaligus peluncuran agenda iven pariwisata atau Launching Calendar of Events (CoE) 2021, bertempat di Gedung Anjung Seni Idrus Tintin, Komppleks Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ.

 


Ia juga menceritakan perkembangan wisata di Riau yang mempunyai basis kearifan lokal dan tradisi.

 

"Wisata berbasis kearifan lokal dan keluhuran tradisi yang telah kita sepakati sebagai basis pengembangan, dirasa akan sangat berkolerasi dengan halal tourism. Selain kekhasan alam, keunikan kultur dan jaminan kuliner halal, Riau memiliki keunggulan geografis dekat dengan negara tetangga," ungkapnya

 

Oleh karena itu, Pekanbaru bisa menjadi pusat wisata kuliner dan kultur. "Pekanbaru itu bisa menjadi seperti Jogyakarta atau Bandung, dimana daya darik utama justru pada kuliner dan kultur tertentu. Untuk itu perlu kerjasama dari kita semua pihak," ujarnya

 

 

Menurutnya tinggal kini bagaimana cara mempertahankan rasa percaya diri menyusun visi yang kuat dan kekinian.

 

"Bagaimana cara membangun suatu kreasi secara konsisten. Kita percaya bahwa dengan semangat saling mendukung membangun pariwisata Riau yang kuat dan berkarakter. Bukanlah semata bunga tidur. Insyaallah," pungkasnya.